YART YAMAHA JUARA EWC 24H SPA MOTOS

  • 18/06/2023
  •  378 views

YART YAMAHA JUARA EWC 24H SPA MOTOS ezgif 1 cdad9ec8ba 600x340 - YART YAMAHA JUARA EWC 24H SPA MOTOS

YART Yamaha Official EWC Team berhasil menahan gempuran juara dunia bertahan F.C.C. TSR Honda France dan naik ke posisi puncak klasemen FIM Endurance World Championship dengan menjuarai 24H SPA EWC Motos yang menjadi kemenangan pertama mereka di balapan 24 jam sejak 2009.

Walau start Marvin Fritz tidak sempurna, YART Yamaha langsung tancap gas mengejar sekaligus menaklukkan para pesaingnya di Circuit de Spa-Francorchamps.

F.C.C. TSR Honda memimpin di delapan jam pertama dan YART baru mengambil alih ketiga balapan memasuki durasi 16 jam. Walau YART secara keseluruhan tampil hampir tanpa cela, masalah knalpot F.C.C. TSR Honda yang menyita waktu perbaikan selama lima menit membuat kesempatan juara terbuka lebar.

YART pun melenggang ke posisi pertama. Walau mereka sempat mengalami masalah ban di jam ke-19 balapan, mereka bisa mengatasinya dengan cepat sehingga asa untuk memenangkan balapan terus menyala dan menjadi nyata. Kemenangan ini menjadi yang pertama di balapan 24 jam setelah Le Mans 2009.

Skuad Belgia BMW Motorrad World Endurance Team memanfaatkan serangkaian kemalangan yang melanda Yoshimura SERT Motul untuk menjadi juara tiga, dan sang tim Suzuki di posisi ke-4.

BMW Motorrad sempat dihadang masalah pada motor di delapan jam pertama, tapi Yoshimura SERT Motul mengalami nasib yang lebih buruk. Sylvain Guintoli sempat salah garasi saat ingin masuk pit di jam pertama balapan. Lalu, mereka diganjar stop-go penalty karena Étienne Masson bersinggungan dengan motor Holland Motorstore Racing di tikungan 7 di jam ke-5 balapan.

Tak berhenti di situ, kemalangan tim Jepang ini berlanjut dengan masalah pada motor di jam ke-6 yang memaksa mereka menghabiskan waktu perbaikan selama tiga menit. Harapan untuk finis di posisi tiga besar pupus ketika motor harus menjalani pergantian water pump tiga jam sebelum balapan selesai.

Kawasaki Webike Trickstar finis di posisi ke-5. Rider Kazuki Watanabe sempat crash di awal balapan dan dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan, tapi mereka tetap melanjutkan balapan seperti biasa tanpa ada halangan yang berarti setelahnya.

KM99 yang bermarkas di Belgia naik dari posisi ke-14 ke posisi enam setelah balapan malam yang mulus dengan motor Yamaha mereka. Bastian Mackels jatuh di Eau Rouge di awal-awal balapan dan Lucas Mahias tergelincir di dekat pintu masuk pit di jam ke-7, tapi mereka bisa melaluinya dengan baik.

Honda Viltaïs Racing finis ke-7 dan disusul oleh Motobox Kremer Racing, MANA-AU Competition dan TATI Team Beringer Racing yang menggenapi posisi 10 besar.

ERC Endurance Ducati gagal untuk tampil sebaik di Le Mans kemarin. Mereka mundur balapan di jam ke-4. Wójcik Racing Team EWC mengikuti di jam ke-7, dan Team Bolliger Switzerland juga mengalami nasib yang sama saat motor mereka terkapar tak berdaya di area gravel di jam ke-18.

Rekap lengkap balapan akan segera menyusul.

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top