Yoshimura SERT Motul Melesat Pecahkan Rekor di Kualifikasi EWC Bol d’Or
- 19/09/2025
13 views

Yoshimura SERT Motul menjadi tim yang harus dikalahkan dalam kualifikasi Bol d’Or saat mereka berupaya memenangkan FIM Endurance World Championship for Teams dua tahun berturut-turut.
Usaha gabungan antrara Gregg Black – yang memecahkan rekor lap kualifikasi baru dengan waktu 1 menit 51,311 detik, mengalahkan rekor sebelumnya Markus Reiterberger dengan 1 menit 51,596 detik – dan Étienne Masson menempatkan tim Suzuki ini di posisi pole sementara untuk putaran penentuan musim 2025 EWC.
BMW Motorrad World Endurance Team berada di posisi kedua tercepat setelah Kualifikasi Pertama, sementara tim Yamalube YART Yamaha EWC Official Team yang memimpin klasemen poin saat ini berada di posisi ketiga.
Champion-MRP-Tecmas memimpin klasemen FIM Endurance World Cup berbasis Superstock di depan Wójcik Racing Team dan Honda No Limits.
Tim Moto Revue Moto Journal yang dikelola Tati, yang menampilkan juara EWC dan pemenang Bol d’Or Vincent Philippe serta jagoan Freestyle Motocross X-Games dan Red Bull X-Fighters Tom Pagès, menjadi tim Production tercepat sejauh ini. Green Team 42 Lycée Sainte Claire dan Team Moto Ain berada di posisi kedua dan ketiga secara berturut-turut.
Jalannya Kualifikasi Pertama
Gregg Black memimpin grup Blue Rider untuk Yoshimura SERT Motul dengan rekor waktu sub-lap kualifikasi 1 menit 51,311 detik. Karel Hanika menjadi yang kedua tercepat untuk Yamalube YART Yamaha EWC Official Team, diikuti oleh Markus Reiterberger dari BMW Motorrad World Endurance Team, dan Román Ramos yang menggantikan Christian Gamarino dalam susunan balap Kawasaki Webike Trickstar. Illya Mykhalchyk menjadi yang kelima tercepat untuk ERC Endurance, sementara Alan Techer dari F.C.C. TSR Honda France berada di posisi keenam. Hugo Clère (Tati Team AVA6 Racing) menempati posisi ketujuh tercepat, diikuti oleh Alessandro Delbianco, yang menggantikan Randy de Puniet di ELF Marc VDS Racing Team/KM99, di posisi kedelapan. Naomichi Uramoto mencatatkan waktu tercepat kesembilan pada lap terakhirnya untuk tim pendatang baru Bol d’Or, AutoRace Ube Racing Team. Pada debutnya untuk Champion-MRP-Tecmas, Loris Cresson memimpin kategori Superstock di posisi kesepuluh, satu posisi di depan rival kategorinya Enzo De La Vega (Team 18 Pompiers Igol CMS Motostore), sementara Nico Thöni menempati posisi ke-12 tercepat untuk Team Bolliger Switzerland dan Marc Alcoba di posisi ke-13 untuk Slider Endurance. Vincent Philippe, juara EWC 10 kali dan pemenang Bol d’Or 9 kali, menjadi pembalap tercepat di kategori Production dengan Honda yang dikelola Tati, yang terdaftar di bawah bendera Moto Revue Moto Journal. Enzo Boulom (Team LRP Poland), Max Schmidt (Mana-Au Competition), dan Hikari Okubo (Team Étoile) terjatuh, dengan Boulom dan Schmidt kemudian dinyatakan tidak layak untuk melanjutkan balapan.
Étienne Masson menjadi sorotan dengan memimpin laju di grup Yellow Rider. Pembalap Yoshimura SERT Motul tersebut mencatatkan waktu terbaik 1 menit 51,483 detik sebelum berhenti di lintasan akibat kegagalan mesin. Pembalap Prancis itu mengungguli Steven Odendaal (BMW Motorrad World Endurance Team), sementara Marvin Fritz (Yamalube YART Yamaha EWC Official Team) melengkapi tiga besar. Randy Krummenacher kembalinya dari cedera dengan menempati posisi keempat tercepat, diikuti oleh Mike Di Meglio (Kawasaki Webike Trickstar), Kenny Foray (ERC Endurance), dan Corentin Perolari (F.C.C. TSR Honda France). Loris Baz menempati posisi kedelapan tercepat untuk AutoRace Ube Racing Team, sementara Jérémy Guarnoni (ELF Marc VDS Racing Team/KM99) dan Bálint Kovács (Champion-MRP-Tecmas) melengkapi 10 besar. Kovács juga menjadi yang tercepat di antara pesaing Superstock yang menggunakan ban Dunlop, di depan pembalap Wójcik Racing Team, Jordi Torres dan Jurand Kuśmierczyk, dengan Guillaume Raymond berikutnya untuk National Motos Honda FMA. Bertrand Gold menjadi yang tercepat di kategori Production, sementara David Sanchís (Team 33 Louit April Moto) dan Motoharu Ito (Team Étoile) terjatuh.
Meskipun harus cepat pindah ke Yoshimura SERT Motul setelah kegagalan Masson sebelumnya, Dan Linfoot mencatatkan lap terbaik 1 menit 51,663 detik untuk mengungguli Sylvin Guintoli (BMW Motorrad World Endurance Team) dan Leandro Mercado (AutoRace Ube Racing Team) di grup Red Rider. Jason O’Halloran menjadi yang keempat tercepat untuk Yamalube YART Yamaha EWC Official Team, diikuti Florian Marino (ELF Marc VDS Racing Team/KM99) di posisi kelima dan Grégory Leblanc (Kawasaki Webike Trickstar) di posisi keenam. Jan-Ole Jähnig menonjol sebagai pembalap Superstock teratas yang menggunakan ban Dunlop di posisi ketujuh untuk Champion-MRP-Tecmas. Kazuki Watanabe dari Team Étoile berada di posisi berikutnya, diikuti oleh David Checa (ERC Endurance) dan Alex Toldeo (Team Bolliger Switzerland) yang melengkapi 10 besar. Thomas Wolfarth menjadi pembalap tercepat di kategori Production untuk Team Moto Ain.
Christian Gamarino (Kawasaki Webike Trickstar) memimpin grup Green Rider bersama rekan-rekan cadangan Hannes Soomer (BMW Motorrad World Endurance Team), Robin Mulhauser (Yamalube YART Yamaha EWC Official Team), Xavi Forés (ERC Endurance), dan Isaac Viñales (F.C.C. TSR Honda France) yang melengkapi lima besar. Pendatang baru EWC Nicholas Spinelli (Wójcik Racing Team) menjadi pesaing Superstock tercepat di posisi keenam, sementara Loïc Arbel menempati posisi ketujuh tercepat dalam comeback-nya di EWC bersama Tati Team AVA6 Racing. Luca Vitalli (Revo-M2) dan Diego Poncet (Kaedear-Dafy-RAC 41-Honda) menempati posisi kedelapan dan kesembilan secara berturut-turut, sementara rekrutan baru Slider Endurance, Matthieu Gregorio, melengkapi 10 besar. Ludovic Hauser menjadi yang tercepat di antara pembalap FIM Endurance World Cup berbasis Production untuk Team Moto Ain.
Sumber [ FIM EWC ]