JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR
motor-cruiser-terbaik-2019

Sepeda motor cruiser dan custom dengan gaya Amerika mungkin bukan selera semua orang, tetapi motor yang lebih menekankan gemuruh suaranya dan aksesoris berbahan kulit ketimbang gaya sporty dan petualang ini tetap menjadi salah satu yang paling populer bagi rider di seluruh dunia. Banyak model baru dengan ukuran lebih kecil dengan jok rendah dan handle yang lebih mudah dikontrol, walau hanya sedikit yang senyaman atau seterkenal Harley dan Indians.

Tetapi, bukannya semua motor cruiser harganya luar biasa mahal dan tidak praktis digunakan sehari-hari?

Tidak semuanya kok. Tentu saja Anda bisa menghabiskan uang lebih dari Rp370 juta untuk Harley kelas atas dan motor gaya chopper yang sekarang juga sedang populer. Terlepas dari itu, sekarang sudah banyak tipe motor cruiser dengan harga yang lebih masuk akal mulai dari Rp 90 jutaan. Tersedia mulai dari tipe yang super cepat atau dilengkapi dengan sejumlah box motor yang menjadikan tampilannya “baggers”. Berikut adalah motor-motor cruiser terbaik tahun ini versi MCN.

Ducati Diavel 1260 S 2019

Spek: 1262cc / 157bhp / 244kg / 780mm (tinggi jok)
Harga: Rp140 jutaan (Bekas; tahun 2011) – Rp 370 jutaan (baru)

Ducati Diavel 1260 S 2019

Ducati berhasil membuat sebuah cruiser yang sangat kuat dan cepat (dengan putaran mesin V-twin Multistrada yang tembus 160bhp, saat motor lain tidak sampai 100bhp), dengan kemudinya yang nyaman dan desain mewah membuat motor ini lebih unggul dari motor sport lainnya. Dengan part kelistrikan dan flash cycle seperti suspensi Ohlins and rem Brembo bawaan, Diavel 1260 S lebih terlihat seperti motor jenis Monster roadster kebanyakan ketimbang cruiser, tetapi bannya yang gemuk dan bodinya yang tegak membuat Anda tidak bisa tidak mengagumi motor ini. Ada versi 1260 yang lebih sederhana keluaran tahun 2011 yang mungkin kurang lengkap dari sisi teknologi tetapi performanya tetap juara.

Saran pembelian
Ducati saat ini menyediakan layanan servis untuk motor yang telah menempuh 15.000 mil, tetapi harga layanannya mahal. Mesin yang garang melahap bensin yang cukup banyak tetapi selama masih bisa dijaga tidak akan ada masalah. Kualitas sebanding dengan harga.

Harley-Davidson Sportster Iron 883 2009

Spek: 883cc / 51bhp / 251kg / 735mm (tinggi jok)
Harga: Rp 100 jutaan (bekas) – Rp170 jutaan (baru)

Harley-Davidson Sportster Iron 883 2009

Harley 883cc Sportster telah menjadi ikon motor cruiser ‘junior’ Amerika sejak pertengahan tahun 80-an, sedangkan versi Sportster Iron yang menonjolkan sisi bare bone, bobber, dan warna hitam legamnya menjadi motor pilihan bagi yang ingin mencoba Harley dengan harga yang tergolong murah. Motor ini diluncurkan untuk pertama kalinya pada tahun 2009 dan hingga saat ini tidak mengalami perubahan yang berarti. Harganya yang lebih masuk akal membuat motor ini menjadi salah satu Harley-Davidson terlaris dan tidak ada satupun yang meragukan prestise dan keasliannya. Dengan jok rendah, proporsi body kecil dan desain yang simple membuat motor ini mudah dibawa walaupun agak berat dan kasar ketika dikendalikan. Motor cruiser lainnya memiliki dinamika yang lebih baik dan body yang lebih kekar, tetapi tidak ada yang lebih keren dan gampang dimodifikasi ketimbang motor ini.

Saran pembelian
Mesin under stressed pushrod V-twin berpendingin cairan yang telah digunakan sejak tahun 80-an ini masih tetap solid. Bagian-bagian motor lainnya hadir dalam desain simple dengan kesan rugged atau berantakan. Selama dijaga dengan baik –dan dibersihkan dengan rajin– tidak ada yang harus dikhawatirkan.

Harley-Davidson Street Bob 2006

Spek: 1745cc / 86bhp / 304kg / 675mm (tinggi jok)
Harga: Rp135 jutaan (bekas) – Rp225 jutaan (baru)

Harley-Davidson Street Bob 2006

Pertama kali dirilis tahun 2006 dalam bentuk twin shock ‘Dyna’, Street Bob yang dilengkapi dengan stang tinggi, jok single, dan tangki peanut merupakan yang termurah dari deretan cruiser klasik ‘big twin’ Harley yang memberikan sensasi riding yang cukup fantastis serta mudah dikustomisasi. Hingga hari ini semua bagiannya masih tetap sama, kecuali sasis “Softail” tersembunyi dan mesin yang telah diupgrade. Hiasan mewahnya memang lebih sedikit, tetapi jika Anda mau cruiser Harley dengan harga terjangkau, Street Bob adalah jawabannya.

Saran pembelian
‘Big twin’ Harley memang lebih ‘matang’ dari versi junior, sehingga tidak ada yang kurang dari Street Bob. Kondisi penampilan dan servis berkala sangatlah penting dan pilihlah aksesoris yang benar-benar Anda inginkan.

Honda CMX500 Rebel 2017

Spek: 471cc / 44bhp / 190kg / 690mm (tinggi jok)
Harga: Rp70 jutaan (bekas) – Rp100 jutaan (baru)

Honda CMX500 Rebel 2017

Rebel yang terlihat agak ‘empuk’ ini diperkenalkan sebagai member ke-4 CMX500 parallel twin Honda berlisensi A2 dengan jok rendah dan cowl depan yang unik. Bagian bodi sampingnya terlihat simple dan ramah tehadap rider pemula yang menginginkan motor hebat dengan harga terjangkau. ‘Rebel’ memiliki kemudi yang mudah dikontrol, frame kokoh, dan deru mesinnya halus ditambah dengan desain cantik yang mudah dikustomisasi. Yang kurang hanyalah rasa otentiknya yang berhasil ditutupi oleh harga dan kelihaiannya di jalanan.

Saran pembelian
Mesin under stressed CMX500 telah terbukti dapat diandalkan, dan, walaupun dibuat di Malaysia, kualitasnya tetap bagus. Motor ini masuk dalam kateogri motor budget dan rawan goresan sehingga kondisinya benar-benar harus dijaga.

Indian Scout 2014

Spek: 1133cc / 100bhp / 246kg / 673mm (tinggi jok)
Harga: Rp150 jutaan (bekas) – Rp212 jutaan (baru)

Indian Scout 2014

Indian adalah salah satu brand bersejarah asal Amerika Serikat yang dihidupkan oleh Polaris sebagai tandingan Harley lewat big twin pertamanya bernama Scout yang diluncurkan tahun 2013. Indian kemudian meluncurkan versi junior yang lebih cocok disebut sebagai rival Sportster dan kualitasnya bahkan melebihi motor Harley tersebut. Scout memiliki mesin V-twin berpendingin cairan yang lebih mumpuni dibandingkan versi pendahulunya, Sportster berpendingin udara, dan bisa dibilang hampir seotentik Sportster. Mesinnya model rendah dan ramah terhadap pemula dan kemudinya tidak menyusahkan ditambah dengan tampilan bodi yang gagah. Sejak tahun 2014 mereka juga meluncurkan 999cc ‘Sixty’ yang merupakan versi Bobber dan murah dari motor ini. Indian mungkin tidak sekaliber Harley dalam urusan penjualan, namun kualitas motornya malah lebih baik untuk ukuran motor Amerika.

Saran pembelian
Kami hanya mendengar sedikit keluhan mengenai kualitas dan keandalan motor ini. Sekali lagi, mohon cek untuk goresan-goresan baru dan pilih aksesoris yang sesuai dengan selera Anda. Sisanya tidak ada masalah.

Indian Chieftain Dark Horse 2019

Spek: 1811cc / n/abhp / 361kg / 660mm (tinggi jok)
Harga: Rp381 jutaan (bekas) – Rp427 jutaan (baru)

Indian Chieftain Dark Horse 2019

Motor ‘big twin’ Indian pada dasarnya terdiri atas Chief cruiser, Chieftain, dan Springfield ‘baggers’ dan Roadmaster tourer, di mana semuanya didasarkan pada mesin V-twin 111ci ‘Thunderstroke’. Dari semuanya, kepopuleran motor baggers di Amerika membuat Chieftain menjadi motor pilihan nomor satu dan motor ini memanglah hebat. Untuk tahun 2019, Indian melepas Dark Horse yang merupakan versi terbaru Chieftain dengan spek terbaru, gaya retro, serta ‘infortainment’ system yang lebih baik. Motor ini lebih besar, cepat, dan berkelas dibandingkan dengan kompatriotnya Harley (Street Glide) dan memiliki model yang juga sangat praktis.

Saran pembelian
Kualitas Indian akhirnya setara dengan Harley. Keeksklusifan serta kredibilitas motor ini juga memiliki daya tarik yang besar. Saat ini kami belum mendengar keluhan apapun tentang motor ini.

Kawasaki Vulcan S 2015

Spek: 649cc / 60bhp / 228kg / 705mm (tinggi jok)
Harga: Rp80 jutaan (bekas) – Rp120 jutaan(baru)

Kawasaki Vulcan S 2015

Dahulu kala ada banyak motor cruiser kelas menengah asal Jepang yang bisa kita pilih, namun hari ini hanya motor ini dan Honda CMX500 yang selamat. Jika Anda ingin motor cruiser bergaya unik sebagai motor pertama, Kawasaki Vulcan S adalah pilihan yang bagus. Mesin twin ER6 parallel twin 649cc dengan kecepatan 60bhp membuat motor ini mudah dikendalikan. Walaupun motor ini mungkin tidak akan menarik minat rider lainnya saat gathering, jika Anda perlu motor yang bagus secara fungsional dengan gaya custom dan harga terjangkau, maka motor ini patut diperhitungkan.

Saran pembelian
Mesin ER6 pada umumnya cukup kuat dan tidak digunakan di medan yang berat. Sasis atau rangkanya cukup OK berkat upgrade yang terus dilakukan oleh Kawasaki. Sekali lagi, pastikan tidak ada goresan.

Moto Guzzi California Touring 2015

Spek: 1380cc / 96bhp / 322kg / 740mm (tinggi jok)
Harga: Rp180 jutaan (bekas) – Rp325 jutaan (baru)

Moto Guzzi California Tour 2015

Moto Guzzi adalah spesialis motor ala ‘spaghetti western’ yang menghadirkan salah satu motor terbaiknya dengan gaya baggers khas Amerika dengan sentuhan spesial — yang nomor satu adalah mesin V-twin yang dipasang melintang dengan shaft drive — dan motor California ini adalah sebuah contoh klasik. Diupdate sepenuhnya pada tahun 2014, tidak diragukan lagi jika motor ini adalah motor terbaik Guzzi yang dilengkapi dengan kecepatan mesin dan kemudahan kemudi seperti Street Glide Harley. Versi touringnya memiliki cat dua warna, sandaran belakang, dan ‘infortainment’ system yang sudah agak ketinggalan. Mungkin gayanya tidak benar-benar Amerika, tetapi tetap modis.

Saran pembelian
Kualitas dealer Guzzi berbeda satu sama lainnya, dan dulu finishing bodi motor rentan tergores atau rusak. Tetapi, versi Cali yang satu ini lebih berkualitas dan solid. Jika usaha menjaga tampilan dan riwayat service diatur secara berkala, Anda akan baik-baik saja.

Triumph Bonneville Bobber Black 2018

Spek: 1200cc / 76bhp / 228kg / 690mm (tinggi jok)
Harga: Rp170 jutaan (bekas) – Rp210 jutaan (baru)

Triumph Bonneville Bobber Black 2018

Dengan rilisnya motor roadster Street dan Street Triple serta motor petualang Tiger, Triumph akhir-akhir ini lebih fokus mengeluarkan motor bergaya retro. Pabrikan asal Inggris ini sebelumnya menutup penjualan cruiser America dan Thunderbird secara sembunyi-sembunyi karena penjualannya yang tidak membahagiakan. Walaupun begitu, mereka tetap merilis Bonneville Bobber Black yang tergabung dalam Bonneville series bergaya motor Amerika pasca Perang Dunia II. Motor ini langsung laris di pasaran. Dengan kombinasi powertrain Bonnie dengan gaya semi-custom, jika tidak bisa dibilang sebuah cruiser, motor ini adalah bobber sejati –tetapi dengan gaya dan performa hebatnya. Setahun berselang, Bobber Black yang dilengkapi dengan tambahan piringan cakram depan dan ban depan balloon ini sudah menjadi salah satu cruiser terbaik. Walaupun tidak ada opsi bonceng (Anda lebih baik memilih versi Speedmaster), motor bergaya Inggris/Amerika ini mempunyai dinamika yang sangat bagus dengan harga bersaing. Tidak ada cruiser Inggris lainnya yang lebih baik dari Bonnie yang satu ini.

Saran pembelian
Motor Triumph modern memiliki finishing yang bagus dan Bobber Black adalah jenis motor yang akan selalu disayang dan tidak digunakan untuk jarak jauh. Jika dirawat dengan baik tentu saja motor ini akan baik-baik saja, terlebih jenis ini baru, dan Anda bisa menambahkan aksesoris yang diingkan dengan bebas.

Yamaha XV950/R 2013

Spek: 942cc / 51bhp / 251kg / 690mm (tinggi jok)
Harga: Rp77 jutaan (bekas) – Rp160 jutaan (baru)

Yamaha XV950/R

Upaya Yamaha dalam membuat motor berdasarkan Sportster bermesin V-twin Harley yang dirilis pada 2013 adalah pilihan yang cruiser yang bagus. Emblem yang ada di tangki XV950/R mungkin tidak begitu cocok, tetapi peforma, handling, detail bodi dan harganya tentu sepadan. Mudah dikendalikan dan merupakan motor awal yang bagus bagi Anda yang ingin coba-coba pakai cruiser yang berat. Motor ini ada versi ‘Racer’-nya juga dengan tambahan aksesoris ala café racer yang aneh yang masuk ke pasaran tahun 2015. Keduanya pilihan yang bagus — terlebih versi bekasnya.

Saran pembelian
Semua spek mekanisnya, walaupun terlihat tidak begitu berkelas, tetap punya kualitas, kontrol, dan detail yang bagus. Tampilan bodinya juga tidak jelek. Silakan cek jika ada karat saat musim dingin dan hati-hati pada goresan, tetapi terlepas dari semua itu semuanya OK.

Sumber [ MCN UK ]

Related post

Return Top