Cara Mudah Bersihkan Piston Kaliper Rem Motor

  • 10/11/2020
  •  2,833 views

Cara Bersihkan Piston Kaliper Rem cara bersihkan piston kaliper rem1 - Cara Mudah Bersihkan Piston Kaliper Rem Motor

Setiap komponen yang ada pada motor tentunya memegang peranan yang penting untuk memaksimalkan performa, tak terkecuali bagian pengereman. Komponen pengereman terdiri dari beberapa bagian yang tak kalah pentingnya, salah satunya adalah piston kaliper yang berfungsi untuk menekan atau mendorong kampas rem secara merata ke piringan cakram agar putaran roda dapat berkurang ataupun berhenti.

Piston kaliper rem dapat dengan mudah terkena debu, air hujan dan kotoran jadi alangkah pentingnya untuk membersihkannya saat mengganti kampas rem. Bersihkan dengan rutin agar lebih awet dan juga menunjang performa pengereman motor Anda.

[Baca Juga]
Membersihkan Kaliper Rem yang Benar Dalam 12 Langkah!

Kotoran yang menempel di piston kaliper dapat merusak seal

Tips Bersihkan Piston Kaliper Rem tips bersihkan piston kaliper rem - Cara Mudah Bersihkan Piston Kaliper Rem Motor

Pada rem cakram, piston kaliper berfungsi untuk menekan atau mendorong kampas rem ke piringan cakram. Karena piston yang bergerak ke luar dari bodi kaliper tetap menjaga posisinya, tidak ada kenaikan gaya yang diaplikasikan di handle. Namun, seiring dengan pemakaia, kampas rem menjadi aus dan area lingkar luar piston akan semakin banyak yang terpapar.

Lalu, bubuk kampas tersebar karena aus dan air hujan serta debu yang masuk ketika berkendara akan menempel ke bagian samping piston. Permukaan piston kaliper dapat berkarat jika terus menerus dalam keadaan kotor.

Saat mengganti kampas rem yang sudah aus, piston yang mencuat didorong kembali ke kaliper. Namun, jika Anda memasukkan piston yang masih kotor karena bubuk kampas rem atau debu yang menempel, itu dapat menimbulkan resiko kerusakan pada seal kaliper.

Untuk menghindari masalah tersebut, ada baiknya untuk membersihkan piston kaliper yang kotor.

Poin Penting

・Debu banyak menempel di bagian samping piston
・Debu yang berakumulasi dalam waktu yang lama dapat menyebabkan karat
・Jika piston didorong ke dalam ketika masih kotor saat Anda mengganti kampas rem, akan timbul kerusakan pada seal kaliper

Bersihkan piston dengan pembersih rem atau deterjen netral

Bersihkan Piston Kaliper Rem bersihkan piston kaliper rem - Cara Mudah Bersihkan Piston Kaliper Rem Motor

Kotoran pada piston kaliper terbakar oleh panasnya pengereman ketika rem diaplikasikan. Itu artinya, saat menggunakan pembersih part, jangan gunakan tipe quick dry dengan volatilitas tinggi, namun lebih direkomendasikan untuk pakai tipe medium-quick dry yang lebih lama keringnya.

Anda juga bisa gunakan air untuk membersihkan kaliper bersama dengan deterjen netral.

Noda secara maksimal bisa dihilangkan dengan cara disikat karena deterjen netral mampu mengangkat dan membersihkan kotoran yang menempel di piston.

Sikat Kotoran yang Menempel pada Piston Kaliper sikat kotoran yang menempel pada piston kaliper - Cara Mudah Bersihkan Piston Kaliper Rem Motor

Sikat halus terbuat dari bahan resin seperti sikat gigi atau sikat nylon adalah jenis yang paling baik untuk menghilangkan kotoran. Sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan sikat kawat karena hanya akan merusak logam. Jangan hanya bersihkan bagian depan saja, namun bersihkan juga bagian sampingnya secara menyeluruh.

Untuk kotoran yang ada di bagian belakang, lebih efektif untuk membersihkannya dengan cara menempatkan kain di sekitar piston lalu gosok ke kanan dan kiri.

Tergantung dari bentuk kaliper, mungkin Anda tidak dapat menjangkau seluruh area piston. Tapi satu hal yang jelas, ini lebih baik daripada tidak dibersihkan sama sekali dan piston langsung dimasukkan kembali ke dalam begitu saja.

Poin Penting

・Pembersih tipe medium-quick dry lebih direkomendasikan. Membersihkan seluruh bagian kaliper dengan deterjen netral juga merupakan cara yang efektif
・ Gunakan sikat berbahan halus seperti sikat gigi atau sikat nylon untuk menghilangkan kotoran
・Jangan pernah gunakan sikat kawat karena hanya akan meninggalkan goresan
・Bersihkan juga bagian samping kaliper, jangan hanya sisi depannya saja

[Baca Juga]
Cara Mudah Ganti Minyak Rem Motor

Tingkatkan pergerakan piston dengan spray khusus untuk logam dan karet

Spray Pelumas Khusus untuk Logam dan Karet spray pelumas khusus piston kaliper rem - Cara Mudah Bersihkan Piston Kaliper Rem Motor

Setelah piston kaliper selesai dibersihkan, aplikasikan spray pelumas. Spray pelumas yang digunakan di sini memakai cairan kimia khusus yang bisa digunakan pada permukaan berbahan logam dan karet. Jangan gunakan pelumas anti karat yang dapat mengubah bentuk seal karet.

Jika gunakan cairan kimia khusus seperti ini, seal karet akan semakin bekerja dengan baik. Dengan menyemprotkan dalam jumlah yang pas, ini dapat berfungsi untuk mencegah karat. Namun, jika Anda mengaplikasikannya terlalu banyak, ini akan menyebabkan debu dan kotoran untuk menempel. Jika ada cairan ekstra menempel setelah disemprot, lap secara lembut dengan kain.

Cara seperti ini merupakan cara yang efektif sebagai salah satu langkah pemeliharaan rem cakram. Pergerakan piston akan menjadi halus dan respon pengeremannya akan semakin meningkat ketika gaya diaplikasikan di handle rem.

Rem adalah komponen yang sangat penting untuk keselamatan berkendara sehingga jika Anda tidak merasa yakin untuk melakukannya, silakan konsultasikan orang yang lebih ahli atau bengkel untuk membantu Anda mengecek kondisi terkini motor Anda.

Poin Penting

・Spray pelumas yang digunakan untuk piston menggunakan cairan kimia khusus yang bisa digunakan untuk logam dan karet
・Kinerja piston dan handle akan lebih baik jika Anda melakukannya secara rutin dibanding jika Anda hanya melakukannya ketika mengganti kampas rem
・Jika terlalu banyak mengaplikasikannya, kotoran dan debu akan semakin menempel

Membersihkan piston kaliper sangatlah penting

Bersihkan piston kaliper yang kotor dengan deterjen netral untuk mengembalikan kembali fungsinya dan membuat seal kaliper jauh lebih awet.

Namun, jika Anda tidak membersihkannya secara benar, akan timbul masalah sehingga Anda benar-benar harus siap dan menyeluruh dalam mempraktikannya. Jika Anda tidak yakin, Anda bisa berkonsultasi dengan bengkel terdekat.

[Baca Juga]
Tips Mencegah Tangki Bahan Bakar Motor Mudah Karatan

Related post

Return Top