Perbedaan Formula EWC dan Superstock

  • 13/03/2024
  •  592 views

Perbedaan Formula EWC dan Superstock

Jelang diselenggarakannya 24 Heures Motos ke-47 sebagai balapan pembuka FIM Endurance World Championship 2024 pada 18-21 April mendatang, berikut ini adalah informasi mengenai cara kerja kategori Formula EWC dan Superstock.

Formula EWC untuk FIM Endurance World Championship for Teams dan Manufacturers adalah divisi teratas EWC.

Meskipun tampilan keseluruhan motor tidak boleh menyimpang dari model yang telah di-homologasi, garpu, peredam, swing-arm, rem, radiator, dan knalpot dapat dimodifikasi. Tim juga diizinkan untuk meningkatkan performa mesin. Semua motor memiliki sistem penggantian roda yang cepat untuk membantu memastikan pit stop yang lebih cepat.

Motor-motor Formula EWC memiliki persyaratan berat minimum 175 kilogram, background nomor berwarna hitam, dan lampu depan berwarna putih.

Sedangkan pada Superstock untuk FIM World Endurance Cup for Teams dan Manufacturers, motor-motor yang digunakan hampir sama dengan motor-motor produksi massal. Modifikasi terbatas pada mesin pun diperbolehkan (terutama pada bagian jet injektor dan pemetaan bahan bakar, kopling, silencer yang berbeda, dll.). Roda harus tetap sesuai dengan homologasi, sehingga tim harus memiliki strategi pergantian roda yang baik saat melakukan pit stop.

Motor-motor Superstock memiliki persyaratan berat minimum 175 kilogram, background nomor berwarna merah, dan lampu depan berwarna kuning.

Untuk tahun 2024, FIM World Endurance Cup akan menyelenggarakan empat putaran secara keseluruhan, termasuk Coca-Cola Suzuka 8 Hours Endurance Race ke-45 untuk pertama kalinya. Namun, tim-tim Superstock hanya akan menggunakan tiga nilai terbaik mereka, yang berarti partisipasi di ajang Jepang tidak diwajibkan.

EWC Independent Trophy diperuntukkan bagi tim Formula EWC atau Superstock yang bertanding tanpa dukungan pabrikan.

Di Formula EWC dan Superstock, tangki bahan bakar dimodifikasi dengan kapasitas maksimum 24 liter dan dilengkapi dengan perangkat pengisian bahan bakar cepat. Pit stop dibatasi hanya untuk empat mekanik ditambah satu pengisi bahan bakar.

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Hot news

  1. YART Yamaha Suzuka
  2. Mulhauser Akhirnya Maju Jadi Rider Inti di Suzuka EWC
  3. Techer Siap Hadapi Tantangan Balapan Kandang di Suzuka
  4. TRT27AZ Moto
Return Top