Bol d’Or Balapan Penutup EWC yang Bertabur Bintang

  • 04/09/2023
  •  626 views

Bol d'Or Balapan Penutup EWC yang Bertabur Bintang

Ada 47 tim yang akan bersaing di laga penutup FIM Endurance World Championship 2023 yang bertajuk Bol d’Or 24 hours pada 14-17 September mendatang.

Dari 47 tim yang ikut serta – peningkatan dari tahun 2022 – 16 tergabung dalam kelas Formula EWC dan 28 di kelas Superstock yang disponsori Dunlop. Selain itu, ada juga divisi Experimental division yang terdiri atas tiga tim. Berikut adalah beberapa fakta seputar balapan yang akan datang ini:

Rider-rider besar membidik kemenangan di EWC
Beberapa tim besar EWC menargetkan kemenangan di Bol d’Or. Beberapa di antaranya adalah pimpinan klasemen F.C.C. TSR Honda France, BMW Motorrad World Endurance Team, ERC Endurance Ducati, Team Kawasaki Webike Trickstar, Yamalube YART Yamaha EWC Official Team dan Yoshimura SERT Motul.

Dua tahun berturut untuk Viltaïs?
Setelah merengkuh kemenangan perdananya di EWC dalam Bol d’Or edisi ke-100 tahun lalu, Honda Viltaïs Racing, nama tim asal Prancis ini yang baru, mereka bertekad untuk mengulang kesuksesan di Sirkuit Paul Ricard. Florian Alt dan Steven Odendaal merupakan bagian dari skuad 2022, tapi tahun ini mereka kedatangan rider baru Leandro Mercado (Argentina).

Penampilan dari para juara dunia dan pemenang balapan
Selain Florin Alt dan Steven Odendaal, sembilan pemenang Bol d’Or lainnya juga akan beraksi di sini, di mana ada 10 mantan juara dunia EWC yang akan terlibat.

Super Superstock
Perebutan gelar dunia di Bol d’Or untuk kelas FIM Endurance World Championship Superstock. Chromeburner-RAC41-Honda saat ini merajai klasemen sementara, unggul atas Honda No Limits, National Motos Honda, Tecmas-MRP-BMW Racing Team, Team 33 Louit April Moto dan 3ART Best of Bike.

Datang dari jauh
Untuk dua tahun berturut, One RT Syncedge 4413 BMW akan terbang ke Bol d’Or dari Jepang. Team LRP dan Wójcik Racing Team akan datang dari Polandia, Maco Racing dari Slovakia, ADSS 97 dari Inggris, Holland Motorstore Racing dari Belanda, Team Bolliger Switzerland dari Swiss, BMW Motorrad World Endurance Team dan KM99 dari Belgia, Aviobike dan Honda No Limits dari Italia, ERC Endurance Ducati dan Motobox Kremer Racing dari Jerman.

Daftar peserta Bol d’Or 2023 diumumkan pada acara jumpa pers secara dari kemarin (Kamis). Dipandu oleh MC Jean-Baptiste Ley, EWC Series Director, dan Sophie Casanovas, Presiden Éditions Larivière, dan penyelenggara Bol d’Or, dalam acara ini mereka turut menginformasikan susunan acara serta penyampaian beberapa kata sambutan dari rider EWC Mike Di Meglio, Marvin Fritz dan Jérémy Guarnoni.

Ketiganya mewakili F.C.C. TSR Honda France, Yamalube YART Yamaha EWC Official Team dan BMW Motorrad World Endurance Team, yang akan bersaing sengit untuk perebutan gelar dunia 2023 di Bol d’Or.

Setelah tiga ronde, dalam klasemen urutan 1 sampai 6 dipisahkan oleh 74 poin. Dengan 85 poin maksimum yang bisa dimenangkan, maka keenam tim tersebut memiliki kesempatan untuk menjadi juara dunia.

Selain gelar di kelas Formula EWC, FIM Endurance World Cup untuk Dunlop Superstock Trophy juga akan ditentukan di Bol d’Or dengan lebih dari 10 tim memiliki peluang untuk jadi juara dunia.

Jean-Bapitste Ley, Direktur EWC Series, berkata: “Sebagai penutup musim EWC yang penuh aksi seperti biasa, akan ada lima piala yang bisa dimenangkan di Bol d’Or. Balapan di Sirkuit Paul Ricard kelas dunia ini diprediksi akan berlangsung seru dan akan diikuti oleh banyak rider dan tim hebat. Dengan jangkauan tayangan yang begitu luas, balapan penutup musim EWC 2023 akan sangat menggigit.”

SUSUNAN ACARA SEMENTARA
Berikut adalah susunan acara balapan FIM EWC:

Kamis 14 September:
14.30-16.30: Latihan Bebas
17.30-17.50: Kualifikasi Pertama (Blue Rider)
18.00-18.20: Kualifikasi Pertama (Yellow Rider)
18.30-18.50: Kualifikasi Pertama (Red Rider)
19.00-19.20: Kualifikasi Pertama (Green Rider)
20.30-21.30: Latihan Malam Bebas

Jumat 15 September:
09.00-09.20: Kualifikasi Kedua (Blue Rider)
09.30-09.50: Kualifikasi Kedua (Yellow Rider)
10.00-10.20: Kualifikasi Kedua (Red Rider)
10.30-10.50: Kualifikasi Kedua (Green Rider)

Sabtu 16 September:
08.30-09.15: Pemanasan
15.00: Bol d’Or ke-86 dimulai

Minggu 17 September:
15.00: Finis Bol d’Or ke-86
*Seluruh waktu dalam Waktu Eropa Tengah

INFORMASI PENTING
DI MANA: Sirkuit Paul Ricard, Prancis
ALAMAT: RDN8 – 2760 Route des Hauts du Camp 83330 Le Castellet, Prancis
KAPAN: 14-17 September 2023
PANJANG TREK: 5,673 kilometer
DURASI: 24 jam
REKOR CATATAN WAKTU KUALIFIKASI: BMW Motorrad World Endurance Team – Illya Mykhalchyk, 1 menit 51,641 detik, 2022
REKOR CATATAN WAKTU BALAPAN: ERC Endurance-Ducati – Xavi Forés, 1 menit 52,979 detik, 2022

SEPUTAR BOL D’OR:

Tony Zind memenangkan Bol d’Or pertama di lintasan tanpa aspal sepanjang lima kilometer di dekat kota Paris pada 1922. Untuk perayaan ke-100 tahun pada 2022, Florian Alt, Erwan Nigon dan Steven Odendaal merengkuh kemenangan di Sirkuit Paul Ricard sepanjang 5,673 kilometer. Sejak edisi pertama, Bol d’Or sudah diselenggarakan di tujuh sirkuit berbeda. Paul Ricard pertama menyelenggarakan Bol d’Or pada 1979. Edisi 2023 ini akan jadi yang ke-30 bagi mereka. Mistral Straight, trek lurus sepanjang lebih dari satu kilometer, menjadi salah satu titik duel favorit.

FAKTA KUNCI:
*Bol d’Or pertama kali diselenggarakan di lintasan non aspal di sebuah sirkuit sepanjang lima kilometer di antara komune Vaujours, Clichy-sous-Bois dan Livry-Gargan yang berada di dekat kota Paris pada 1922.
*Saat itu, ajang ini lebih merupakan ajang adu ketahanan daripada perlombaan dengan hanya satu rider per motor yang diperbolehkan dan tidak ada pemberhentian kecuali untuk mengisi bahan bakar.
*Baru pada 1954 penyelenggara mengizinkan adanya rider kedua. Rider ketiga baru diperbolehkan pada 1979.
*Walau Bol d’Or merayakan hari jadinya yang ke-100 tahun pada 2022, balapan sebenarnya baru dihelat 85 kali dan 29 kali di antaranya di Sirkuit Paul Ricard.
*Perang Dunia II, menurunkan antusiasme publik dan pandemi COVID-19 membuat balapan Bol d’Or tidak dihelat pada 1940-46, 1961-68 dan 2020.

PANDANGAN AHLI DARI FLORIAN MARINO:
“Balapan ini lebih menguji motor karena ada trek lurus yang harus dilalui dengan memutar gas penuh, yang tentu saja tidak bagus untuk mesin motor selama 24 jam. Bagian lainnya tidak begitu sulit, belokannya cukup mengalir, tapi rider tetap perlu memahaminya agar tahu harus mengerem di mana, dan juga memahami mistral, yang berarti ‘angin’ dalam Bahasa Prancis. Kalau cuacanya kering kita bisa memahami dan memanfaatkan angin, tapi ini harus dilakukan sehati-hati mungkin. Saya melakukan latihan leher lebih banyak di gym karena tekanan di area itu karena trek lurus dan hempasan angin di sana. Tapi, trek ini sebenarnya sangat mengasyikkan dan memiliki banyak titik untuk menyalip.”

JUARA 5 TAHUN TERAKHIR:
2022: Viltaïs Racing Igol (Florian Alt, Erwan Nigon, Steven Odendaal) 718 lap
2021: Yoshimura SERT Motul (Gregg Black, Xavier Siméon, Sylvain Guintoli) 704 lap
2019: Suzuki Endurance Racing Team (Vincent Philippe, Étienne Masson, Gregg Black) 313 lap
2018: F.C.C. TSR Honda France (Freddy Foray, Josh Hook, Mike Di Meglio) 698 lap
2017: GMT94 Yamaha (David Checa, Niccolò Canepa, Mike Di Meglio) 683 lap

SKEMA POIN BOL D’OR
Poin balapan Bol d’Or akan dikalikan 1.5 dari poin biasanya untuk kelas Formula EWC dan Superstock dengan rincian sebagai berikut:

Posisi 1 = 60 poin; 2 = 49.5; 3 = 42; 4 = 36; 5 31.5; 6 = 28.5; 7 = 25.5; 8 = 22.5; 9 = 19.5; 10 = 16.5; 11 = 15; 12 = 13.5; 13 = 12; 14 = 10.5; 15 = 9; 16 = 7.5; 17 = 6; 18 = 4.5; 19 = 3; 20 = 1.5.

Poin juga akan diberikan pada tim-tim Formula EWC dan Superstock pada jam ke-8 dan 16 balapan: 1 = 10 poin; 2 = 9; 3 = 8; 4 = 7; 5 = 6; 6 = 5; 7 = 4; 8 = 3; 9 = 2; 10 = 1.

Sebelum balapan dimulai, lima tim tercepat di kategori Formula EWC dan Superstock setelah Kualifikasi Kedua pada 15 September akan mendapat bonus poin sebagai berikut: 1 = 5 poin; 2 = 4 poin; 3 = 3 poin; 4 = 2 poin; 5 = 1 poin.

Dengan skema ini, maka tim Formula EWC atau Superstock bisa mendapatkan poin maksimum 85 poin, jika mereka meraih pole position, memimpin balapan pada jam ke-8 dan 16, dan memenangkan balapan di kelasnya masing-masing.

Related post

Return Top