Brembo Memulai Debutnya dalam Ajang MotoE

  • 19/07/2019
  •  118 views

Sistem Pengereman Brembo untuk Ajang MotoE brembo brake system motoe - Brembo Memulai Debutnya dalam Ajang MotoE

Brembo siap memulai debutnya sebagai supplier sistem pengereman bagi 18 motor Ego Corsa buatan Energica Motor Company di ajang balapan MotoE. Hal ini adalah pengalaman sekaligus tantangan baru bagi Brembo yang tahun ini memulai partisipasinya di ajang FIA Formula E. Keterlibatan pabrikan Italia tersebut di ajang motor listrik ini adalah hal yang menarik karena mereka dapat melakukan berbagai eksperimen untuk meningkatkan kualitas komponen-komponen pengereman yang nantinya dapat diaplikasikan terhadap motor listrik dan skuter komersil. Brembo telah melakukan kajian mendalam dan berbagai penyesuaian untuk balapan ini demi hasil yang maksimal. Komponen sistem pengereman yang diberikan terdiri atas cakram stainless steel, kaliper monobloc, pompa radial, dan kampas rem yang didesain seragam untuk 12 tim yang berkompetisi di kejuaraan ini.

Kaliper Monoblock dan Cakram Rem Depan Brembo untuk MotoE kaliper monoblock dan cakram depan brembo motoe - Brembo Memulai Debutnya dalam Ajang MotoE

Cakram stainless steel ini dinamakan “T-Drive” yang hadir secara khusus di dunia motorsport berkat keikutsertaan Brembo di ajang Superbike dan MotoGP. Cakram ini memiliki diameter 336mm dan ketebalan 7,1mm dengan konfigurasi khusus motor Ego Corsa. Delapan pin “T” dibuat secara khusus sehingga dengan adanya 8 garis cakram tersebut akan menggantikan fungsi drive pawl. Sistem ini juga membuat torsi pengereman tersalurkan dengan lebih baik. Kaliper depannya adalah monobloc yang terkenal digunakan bersamaan dengan cakram stainless steel di ajang MotoGP hingga musim 2017. Brembo telah menyesuaikan konfigurasi monobloc berdasarkan kebutuhan motor Ego Corsa. Monoblocnya mempunyai 4 piston titanium dengan diameter yang berbeda-beda.

Cakram T-Drive dan Kaliper Monoblock Brembo untuk MotoE kaliper monoblock dan cakram brembo motoe - Brembo Memulai Debutnya dalam Ajang MotoE

Untuk kaliper dan cakram, Brembo turut mengombinasikannya dengan kampas Z04 yang juga digunakan di Superbike, SuperSport, dan Moto2. Karakter utamanya adalah gaya gesek yang tinggi dan performa yang konstan, terlebih dalam temperatur tinggi. Master silinder radialnya memiliki diameter 19mm dengan mounting tengah 18mm. Teknologi ini memberikan pengalaman pengereman yang unik dan tidak tertandingi karena mudah dikontrol diberbagai kondisi serta keseimbangan antara kekuatan rem yang diberikan rider dan reaksi remnya juga merupakan pencapaian yang fantastis. Inovasi lainnya yang penting adalah tidak adanya pompa kopling karena motor Energica yang berkompetisi di kejuaraan ini tidak menggunakan kopling.

Terakhir, Brembo Group juga ditermani oleh Marchesini, yang turut melengkapi motor-motor Ego Corsa di Fim Enel MotoE World Championship dengan velg 7-spoke aluminium.

Sumber [ Brembo ]

Related post

Return Top