EWC Dunlop Superstock Trophy Siap Diperebutkan di Musim 2023

  • 15/04/2023
  •  984 views

EWC Dunlop Superstock Trophy

Dunlop Superstock Trophy dari FIM Endurance World Championship kembali digelar untuk kedua kalinya pada tahun 2023 dengan 24 Heures Motos di Le Mans sebagai tuan rumah putaran pertama dari tiga putaran yang akan berlangsung akhir pekan ini.

Khusus untuk tim yang berkompetisi di kategori Superstock (SST) EWC, Dunlop Superstock Trophy dimulai pada tahun 2022 sebagai inisiatif bersama dari promotor EWC, Discovery Sports Events, perusahaan ban Dunlop dan para promotor balapan independen EWC.

Dunlop Superstock Trophy diperebutkan dalam tiga balapan 24 jam EWC yang berbasis di Eropa yang juga merupakan bagian dari FIM Endurance World Cup, yaitu 24 Heures Motos, 24H SPA EWC Motos, dan Bol d’Or. Peluncuran ini merupakan kelanjutan dari penunjukan Dunlop sebagai pemasok ban tunggal untuk kategori Superstock pada musim lalu.

Di setiap ajang, semua tim Superstock mendapatkan jatah ban depan Dunlop KR109 dan ban belakang KR108 yang sama. Rangkaian ban Dunlop KR ini memenangkan dua putaran EWC tahun lalu, yaitu 24H SPA EWC Motos dan Bol d’Or.

Dalam kondisi cuaca yang beragam, para peserta Dunlop Superstock Trophy membalap dengan menggunakan ban tipe slick, intermediate dan wet yang sama dengan yang digunakan oleh semua tim Dunlop yang ada di grid. Tim-tim di Formula EWC dan kelas Superstock memiliki akses untuk mendapatkan ban dengan spesifikasi yang sama yang juga tersedia untuk dijual untuk track day dan penggunaan amatir.

Untuk mendukung tim-tim Dunlop Superstock Trophy, ada skema hadiah dengan tim Superstock yang menerima ban gratis berdasarkan hasil balapan mereka. Sebagai contoh, jika satu tim dialokasikan 20 ban dan menerima 15 ban untuk memenangkan balapan, maka tim tersebut harus membayar untuk lima ban.

Dunlop Superstock Trophy: Animo Besar dan Persaingan Ketat

Dari 37 tim permanen EWC yang akan mengikuti 24 Heures Motos di Le Mans akhir pekan ini, 22 di antaranya akan berkompetisi di Dunlop Superstock Trophy. Mereka termasuk juara FIM Endurance World Cup musim lalu, Team 18 Sapeurs Pompiers CMS Motostore, runner-up No Limits Motor Team (sekarang Honda No Limits) dan BMRT 3 D Maxxess Nevers yang menempati posisi ketiga di urutan terakhir Superstock pada tahun 2022.

Chromeburner-RAC41-Honda, yang memenangkan Bol d’Or yang menentukan musim 2022 dan tim unggulan National Motos Honda juga masuk dalam daftar tim pendatang baru Holland Motorstore Racing, Tecmas-MRP-BMW Racing Team, dan Uniserv Moto82 Team.

Berikut daftar lengkap peserta Dunlop Superstock Category.

#9 Tecmas-MRP-BMW Racing Team

#13 OG Motorsport World Endurance Team

#16 Holland Motorstore Racing

#18 Team 18 Sapeurs Pompiers CMS Motostore

#22 Team 202

#24 BMRT 3 D Maxxess Nevers

#27 TRT 27 Bazar la Bécane

#33 Team 33 Louit April Moto

#34 JMA Racing Action Bike

#36 3ART Best of Bike

#41 Chromeburner-RAC41-Honda

#44 Honda No Limits

#55 National Motos Honda

#56 Players

#82 Uniserv Moto82 Team

#86 Pit Lane Endurance – JP3

#91 Energie Endurance 91

#97 ADSS97 Kawasaki

#101 Aviobike

#119 Slider Endurance

#121 Falcon Racing

#777 Wójcik Racing Team

Steinmayr Siap Berjuang Pertahankan Juara Superstock EWC

Philipp Steinmayr tak akan mundur saat dia bertekad untuk memenangkan kategori Superstock FIM Endurance World Cup untuk musim kedua berturut-turut.

Rider asal Austria yang didukung Yamaha ini berpasangan dengan rider baru, Enzo De La Vega dan Axel Maurin, di Team 18 Sapeurs Pompiers CMS Motostore yang memperkirakan akan banyak persaingan ketat di tahun 2023: “Jujur, Superstock sangat kompetitif. Dari tahun lalu, Anda bisa lihat balapan yang jaraknya sangat dekat dan juga jeda waktu lapnya. Menjadikan Dunlop sebagai pemasok ban tunggal adalah konsep yang sangat bagus agar membuat balapannya seadil mungkin untuk semua orang. Saya rasa tahun ini akan semakin kuat karena kompetisi ini mendapatkan momentum dengan semakin banyak orang dan semakin banyak rider yang ikut. Saya bisa lihat dari rekan-rekan saya di seri IDM bahwa semakin banyak rider yang datang ke EWC dan saya berharap ini menjadi musim yang sangat menarik.”

Steinmayr mengincar lebih banyak kesuksesan kategori Superstock, sementara rekan setimnya di tahun 2022, Hugo Clere dan Baptiste Guittet, bergabung ke Formula EWC bersama TATI Team Beringer Racing.

Apa Kata Mereka?

David Auerbacher, Pemimpin Acara EWC, Dunlop

“Ini adalah tahun kedua kami menjadi pemasok eksklusif untuk Superstock dan sangat menyenangkan melihat kelas ini terus berkembang dengan tim-tim baru, serta tingkat profesionalisme dan kompetisi yang semakin meningkat setiap tahunnya. Sepanjang musim ini kami akan membawa serangkaian ban yang telah terbukti dalam balapan, memastikan setiap tim yang kami layani memiliki perangkat yang tepat untuk berbagai kondisi cuaca dan lintasan. Sementara tantangan di Formula EWC adalah kecepatan yang tinggi dibandingkan dengan merek kompetitor, di Superstock kami tetap mendorong performa untuk membantu mempertahankan tingkat persaingan yang tinggi dan balapan yang ketat.”

Loris Cresson (Belgia): BMRT 3 D Maxxess Nevers

“Kami telah berpikir panjang tentang apa yang terbaik untuk saya dan karir saya. Dengan tim BMRT 3D Maxxess Nevers, kami memutuskan untuk memperpanjang kerja sama kami untuk FIM Endurance World Cup 2023 dan saya sangat senang bisa melanjutkan perjalanan kami bersama tahun ini dengan Julien Pilot dan Kevin Denis. Musim dingin ini saya fokus pada latihan fisik dan mempersiapkan diri untuk tahun 2023 dan kami siap untuk tampil maksimal dan memberikan 100 persen kemampuan kami.”

Luca Grünwald (Jerman): Pit Lane Endurance – JP3

“Bagi saya, Le Mans adalah balapan ketahanan pertama saya, jadi saya harus mempelajarinya dan melihat bagaimana rasanya, tetapi ada banyak tim dan banyak pembalap bagus yang saya kenal dari kejuaraan lain dan pembalap yang telah melakukan balapan kelas atas, jadi ini akan sulit. Semua ban sama untuk semua orang, jadi saya suka itu dan Anda tidak akan percaya dengan konsistensi ban. Anda mungkin bisa mencatatkan waktu lap terbaik Anda di lap 20 atau lap 30, yang tidak biasa tetapi itu adalah poin yang sangat kuat. Daya tahan jelas merupakan tantangan yang ekstrem, tetapi ketika Anda menontonnya di rumah saat tumbuh dewasa dan melihat orang-orang balapan di malam hari, Anda akan berpikir bagaimana ini bisa terjadi, tetapi akhirnya Anda mendapatkan kesempatan untuk melakukannya dan Anda harus berkomitmen untuk melakukannya.”

Chris Leesch (Luksemburg): Chromeburner-RAC41-Honda

“Kelas ini semakin besar dan besar setiap tahunnya dan kami memiliki setidaknya enam tim yang bisa meraih kemenangan. Kami memiliki pendatang baru dan rider baru yang turun dari kelas EWC, jadi ini akan sangat, sangat ketat untuk waktu yang lama. Kami sudah melihat hal itu di Bol d’Or musim lalu dan akan lebih baik lagi tahun ini. Kami mendapatkan banyak pengalaman dengan memenangkan Bol d’Or dan kami masih dalam performa terbaik, kami tahu motor bekerja dengan baik, kami tahu tim bekerja dengan baik, kami tahu para rider bekerja dengan baik, jadi kami siap untuk balapan ini. Keuntungan terbesar dari ban Dunlop adalah Anda tidak perlu bertanya pada diri sendiri apakah ban tersebut akan bertahan dalam dua putaran. Ban ini konsisten dari lap pertama hingga lap terakhir, Anda bisa mencatatkan waktu lap yang bagus bahkan dengan ban lama, itulah yang kami cari dalam hal ketahanan.”

Rodi Pak (Turki): Slider Endurance

“Setelah musim pertama saya di Endurance World Championship, saya melihat banyak orang di Turki mulai menonton balapan saya dan mendukung saya melalui media sosial. Saya menjalani musim yang sulit tapi bagus di tahun 2022, selalu berada di posisi enam besar dalam balapan. Berada di podium FIM Endurance World Cup bersama P3 di Bol d’Or adalah perasaan yang luar biasa karena kami selalu dekat dengan podium dengan kecepatan balapan kami yang konsisten, tetapi dengan beberapa masalah kecil yang membuat kami kehilangan waktu. Pada balapan terakhir musim ini kami mampu mengatasi semua itu dan meraih podium.”

Penyegaran Kategori Superstock

Motor Superstock hampir identik dengan model produksi meskipun modifikasi mesin terbatas diizinkan (jet injektor dan fuel mapping, penguatan kopling, silencer knalpot yang berbeda dan lain-lain). Roda harus tetap sesuai dengan homologasi, sehingga tim harus memiliki strategi pergantian roda yang baik saat pit stop. Motor Superstock menggunakan latar belakang nomor merah, lampu depan berwarna kuning dan juga harus mencapai batas berat minimum 175 kilogram. Tangki bahan bakar dimodifikasi dengan kapasitas maksimum 24 liter dan dilengkapi dengan perangkat pengisian bahan bakar cepat.

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top