Hasil Kualifikasi: BMW Raih Pole Kedua EWC Bol d’Or dengan Rekor Baru

  • 16/09/2023
  •  252 views

Hasil Kualifikasi: BMW Raih Pole Kedua EWC Bol d'Or dengan Rekor Baru ezgif 1 4e965b824f 600x340 - Hasil Kualifikasi: BMW Raih Pole Kedua EWC Bol d’Or dengan Rekor Baru

BMW Motorrad World Endurance Team akan memulai balapan final FIM Endurance World Championship 2023 di pole position untuk dua tahun berturut, di mana Markus Reiterberger berhasil mematahkan rekor catatan waktu Bol d’Or rekan setimnya sendiri Illya Mykhalchyk yang diraih tahun lalu.

Reiterberger (Jerman) menggeber motor BMW M 1000 RR dengan ban Dunlop-nya ke posisi teratas di Sirkuit Paul Ricard dengan catatan wakt 1 menit 51,596 detik, yang melampaui rekor 1 menit 52,267 detik milik Mykhalchyk (Ukraina) during yang berbuah pole tahun lalu.

Posisi grid balapan EWC ditentukan dari hasil rata-rata catatan waktu dua rider dalam satu tim di Kualifikasi Pertama dan Kedua, sehingga BMW Motorrad World Endurance Team pun akan start terdepan dan diikuti oleh Yoshimura SERT Motul dan F.C.C. TSR Honda France.

Lima poin bonus yang raih tim asuhan Werner Daemen ini membuat mereka memiliki 105 poin di klasemen, 36 poin di belakang pimpinan klasemen sekaligus juara bertahan F.C.C. TSR Honda France. Yamalube YART Yamaha EWC Official Team tetap berada di posisi kedua, tapi kini hanya terpaut 14 poin dari F.C.C. TSR Honda France yang hanya bisa start dari posisi keempat.

“Senang rasanya bisa berada di trek yang indah ini,” kata Reiterberger, yang akan membalap bersama Jérémy Guarnoni. “Kemarin kami mulai dengan ban soft dan catatan waktu saya juga sudah sangat bagus. Hari ini saya coba dapat slipstream dan saya bisa lebih cepat sepersekian puluh detik. Terima kasih kepada tim atas motor yang sangat cepat. Rencana kami adalah dapat pole position dan menang balapan, ini adalah hal yang harus kami lakukan untuk dapat jara dunia Kami sudah siap balapan.”

Di grup Dunlop Superstock Trophy, yang masuk ke dalam FIM Endurance World Cup, BMW juga mendulang kesuksesan bersama Tecmas-MRP-BMW Racing Team yang jadi tercepat, unggul atas National Motos Honda dan Wójcik Racing Team.

“Kami harus menang dan juara dunia,” kata Kenny Foray dari Tecmas-MRP-BMW Racing Team. “Balapan ini sangat panjang, 24 jam, tapi kami mau menang di sini.”

Jan Bühn mundur dari Bol d’Or setelah mengalami cedera tangan dan kaki pada latihan hari Selasa, Tecmas-MRP-BMW Racing Team belum menentukan penggantinya, terlebih rider cadangan mereka Nelson Major jatuh dan membuat motor BMW nomor #9 mereka rusak parah di Kualifikasi Kedua.

Dalam kelas FIM Endurance World Cup, National Motos Honda naik ke posisi kedua, empat poin di belakang Chromeburner-RAC41-Honda yang gagal start di posisi lima besar. Honda No Limits naik ke posisi ketiga.

Sementara itu, ERC Endurance Ducati ada do posisi kelima dan diikuti oleh KM99 dan Team Kawasaki Webike Trickstar. Tiga besar di Dunlop Superstock Trophy terdiri atas tiga pabrikan berbeda dengan National Motos Honda dan Wójcik Racing Team (Yamaha) akan start di belakang Tecmas-MRP-BMW Racing Team.

Honda Viltaïs Racing – juara Bol d’Or 2022– berada di posisi ke-8 dan disusul oleh TATI Team Beringer Racing dan Team Moto-Ain

HASIL KUALIFIKASI PERTAMA: https://www.fimewc.com/news/guintoli-takes-yoshimura-sert-motul-to-the-top-in-first-bol-dor-ewc-qualifying

HASIL KUALIFIKASI KEDUA: https://www.fimewc.com/news/reiterberger-revs-up-for-bol-dor-ewc-finale-with-second-qualifying-best

LAP TERBAIK
Kualifikasi Pertama Blue Rider: Markus Reiterberger, 1 menit 51,890 detik
Kualifikasi Pertama Yellow Rider: Sylvain Guintoli, 1 menit 51,695 detik
Kualifikasi Pertama Red Rider: Alan Techer, 1 menit 51,707 detik
Kualifikasi Pertama Green Rider: Loris Baz, 1 menit 52,705 detik

Kualifikasi Kedua Blue Rider: Markus Reiterberger, 1 menit 51596 detik
Kualifikasi Kedua Yellow Rider: Illya Mykhalchyk, 1 menit 51,721 detik
Kualifikasi Kedua Red Rider: Karel Hanika, 1 menit 51,882 detik
Kualifikasi Kedua Green Rider: Cocoro Atsumi, 1 menit 53,675 detik

APA SELANJUTNYA? Bol d’Or 24-hour race ke-86 akan dimulai besok Sabtu 16 September pukl 15.00 Waktu Eropa Tengah.

LIVE TIMING: https://www.its-live.net/#/live/ewc/2023/boldor/live

NONTON DI MANA?: https://www.fimewc.com/where-to-watch

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top