Jadwal Lengkap Balapan FIM EWC 2024

  • 30/10/2023
  •  470 views

Jadwal FIM EWC 2024 jadwal fim ewc 2024 600x340 - Jadwal Lengkap Balapan FIM EWC 2024

Ajang legendaris di sirkuit-sirkuit terkenal di Eropa dan Jepang akan memberikan tantangan yang menarik bagi para rider dan tim yang akan mengikuti FIM Endurance World Championship 2024.

Dimulai dengan 24 Heures Motos di Le Mans pada bulan April, EWC akan dihelat di Circuit de Spa-Francorchamps di Belgia pada bulan Juni, Sirkuit Suzuka di Jepang pada bulan berikutnya dan Sirkuit Paul Ricard di Prancis untuk laga Bol d’Or bulan September.

Musim ke-45 EWC akan terdiri dari dua balapan yang berlangsung selama 24 jam dan dua balapan yang berlangsung selama delapan jam. Berikut adalah kalender FIM Endurance World Championship 2024:

Ronde 1: 24 Heures Motos (Le Mans, Prancis): 18-21 April
Ronde 2: 8 Hours Spa Motos (Circuit de Spa-Francorchamps, Belgia): 6-8 Juni
Ronde 3: Coca-Cola Suzuka 8 Hours Endurance Race ke-45, Jepang: 18-21 Juli
Ronde 4: Bol d’Or (Sirkuit Paul Ricard, Prancis): 12-15 September

Semua skor di keempat ronde tersebut akan dihitung untuk FIM Endurance World Championship dan FIM Endurance World Cup. Tim-tim FIM Endurance World Cup akan menghitung tiga skor terbaik mereka.

Jean-Baptiste Ley, Direktur Seri EWC untuk promotor Warner Bros Discovery Sports, mengatakan: “Kami dengan senang hati mempersembahkan jadwal untuk FIM Endurance World Championship 2024, di mana kami akan terus mengandalkan acara-acara legendaris di sirkuit-sirkuit terkenal. Meskipun memasukkan ronde kelima tetap menjadi target jangka panjang, sangat penting bagi kami untuk menghadirkan jadwal yang mudah diakses dan dapat dicapai dari segi praktisi dan finansial. Jadwal 2024 memenuhi kedua hal tersebut dan kami menantikan musim yang penuh aksi.

“Ada perubahan pada format acara Spa yang akan memperkuat kejuaraan dan membantu para rider dan tim kami. Dalam langkah lain yang menarik dan positif untuk musim baru, Suzuka 8 Hours akan menjadi bagian dari jadwal FIM Endurance World Cup, meskipun tim-tim Superstock akan menghitung tiga skor terbaik mereka sepanjang tahun, yang berarti partisipasi dalam ajang ini tidak wajib.”

Paul King, Direktur Komisi Balap Sirkuit FIM menambahkan: “Program acara yang sangat baik untuk tahun 2024, menjawab kebutuhan para kompetitor, promotor dan organisasi mitra untuk memperkuat FIM Endurance World Championship dan FIM Endurance World Cup dalam jangka panjang.

“Senang sekali melihat kesempatan bagi para kompetitor Superstock untuk ambil bagian di ajang Suzuka untuk pertama kalinya pada 2024 – yang selalu menjadi ajang spesial dalam kalender balap motor dunia. FIM CCR dan WBDS telah sepakat untuk menghitung tiga skor terbaik dari empat putaran FIM Endurance World Cup dan mengizinkan tim-tim Superstock untuk mengikutsertakan rider keempat di ajang 24 jam untuk memungkinkan dan mendorong partisipasi mereka.”

Babak Awal di Le Mans

Perlombaan untuk menjadi rider dan tim terbaik FIM Endurance World Championship tahun 2024 akan dimulai pada bulan April mendatang, saat 24 Hours Motos di Le Mans membuka musim baru EWC. Dijadwalkan pada 18-21 April, edisi ke-47 dari 24 Heures Motos akan menjadi kesempatan pertama di tahun 2024 bagi para fans yang menyaksikan langsung di lintasan balap maupun melalui televisi atau online di seluruh dunia untuk menyaksikan tontonan mendebarkan dari EWC yang penuh dengan aksi. Berlangsung satu minggu lebih lambat dari tahun 2023, penyelenggara Automobile Club de l’Ouest (ACO) berencana untuk memperkenalkan beberapa langkah untuk edisi 2024 demi meningkatkan pengalaman fans dengan membuat acara ini lebih mudah diakses dan dengan fokus untuk memastikan semua pengunjung merasa aman dan nyaman. Informasi lebih lanjut tersedia di 24h-motos.com dan terdapat pula informasi penjualan tiket.

Delapan Jam di Spa yang Luar Biasa

Setelah dua balapan EWC 24 jam yang sukses di Circuit de Spa-Francorchamps, ronde FIM Endurance World Championship di Belgia akan berlangsung selama delapan jam pada 2024. Perubahan format ini merupakan arahan dari Warner Bros Discovery Sports, sebagai promotor kejuaraan, bahwa mempertahankan tiga balapan 24 jam dalam kalender dalam iklim ekonomi saat ini tidak lagi memungkinkan karena membutuhkan investasi finansial yang signifikan. Oleh sebab itu, keputusan diambil untuk menyelenggarakan balapan berdurasi delapan jam di Spa pada 2024. Diharapkan jarak yang lebih pendek akan menghasilkan peningkatan jumlah peserta, termasuk dari tim-tim yang baru mengikuti EWC, dan juga peningkatan jumlah penonton. Diharapkan juga akan ada lebih banyak tim yang dapat mengikuti Suzuka 8 Hours karena adanya penghematan biaya akibat pengurangan durasi balapan di Spa. 8 Hours of Spa Motos berlangsung dari tanggal 6-8 Juni dengan hari Kamis 6 Juni digunakan untuk uji coba. Satu hari latihan bebas dan kualifikasi direncanakan pada hari Jumat 7 Juni, diikuti dengan balapan delapan jam, yang akan berlangsung dari pukul 13:00-21:00 CET pada Sabtu, 8 Juni.

Sekali Lagi di Suzuka

Sirkuit Suzuka akan terus memainkan peran penting dalam kesuksesan FIM Endurance World Championship yang sedang berlangsung dengan acara delapan jam yang ikonik di sirkuit Jepang yang akan berlangsung pada 19-21 Juli. Dengan start di pagi hari dan finish di sore hari, Coca-Cola Suzuka 8 Hours Endurance Race ke-45 tidak akan menjadi yang terlama dalam kalender EWC, namun akan menjadi salah satu yang tersulit. Hal ini disebabkan oleh layout lintasan yang sangat menantang dan kondisi yang diperkirakan akan sangat panas dan lembab sehingga para bintang EWC harus berada dalam kondisi fisik yang prima. Setelah diselenggarakan pada akhir pekan pertama bulan Agustus pada tahun 2023, edisi tahun depan akan diselenggarakan pada akhir pekan kedua di bulan Juli untuk menghindari bentrokan dengan Olimpiade Paris 2024.

Kesempatan bagi Para Bintang Superstock

Jadwal FIM Endurance World Cup akan diperluas dengan menyertakan Suzuka 8 Hours pada tahun 2024. Namun, putaran yang dapat menghasilkan poin akan tetap berjumlah tiga untuk memberikan fleksibilitas bagi para kompetitor kategori Superstock. Artinya, tim-tim Superstock yang telah terdaftar di EWC selama satu musim penuh tidak diwajibkan untuk ikut serta. Setelah sebelumnya hanya berfokus pada ajang EWC Eropa, penambahan Suzuka ke dalam kalender FIM Endurance World Cup akan memberikan tantangan yang menarik bagi tim-tim Superstock yang menggunakan ban Dunlop dan para rider mereka di musim mendatang. Dengan adanya perwakilan dari pabrikan asal negeri sendiri seperti Honda, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha – yang telah berhasil meraih kesuksesan – di FIM Endurance World Cup, peluang bagi tim-tim Superstock untuk berkompetisi dan menampilkan performa terbaik mereka di tanah Jepang akan menjadi daya tarik tersendiri.

Keseruan Bol d’Or

Setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-100 pada tahun 2022, Bol d’Or edisi ke-87 merupakan edisi kedua dari dua balapan EWC 24 jam yang dijadwalkan tahun 2024. Berlangsung di Sirkuit Paul Ricard di Prancis selatan untuk ke-31 kalinya, acara legendaris ini akan berlangsung dari 12-15 September. Dari 5,673 kilometer lintasan sirkuit ini, 1,8 kilometer di antaranya digunakan untuk Mistral Straight. Sebagai tempat untuk menyalip dan disalip, Mistral ini mengharuskan para rider untuk memacu selama 20 detik dengan kecepatan lebih dari 300 km/jam. Cuaca yang berubah-ubah dan kondisi berangin juga bisa menjadi faktor.

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top