Kilas Balik Musim Balap yang Penuh Aksi

  • 27/10/2021
  •  257 views

Kilas Balik Musim Balap yang Penuh Aksi ewcpodium - Kilas Balik Musim Balap yang Penuh Aksi

FIM EWC musim 2021 diselenggarakan hanya dalam periode lima bulan saja dari Juni hingga Oktober dan tiap balapan menyuguhkan aksi yang penuh kejutan. Yoshimura SERT Motul (juara dunia FIM EWC 2021), BMW Motorrad World Endurance Team dan F.C.C. TSR Honda France meraih kemenangan dalam balapan-balapan musim ini, tetapi banyak tim lainnya yang punya peran besar pada musim balap 2021.

Dengan kemenangan 24 Heures Motos dan Bol d’Or, Yoshimura SERT Motul yang merupakan tim baru ini merebut titel juara dunia 2021 dari BMW Motorrad World Endurance Team. Tim pabrikan BMW tersebut mengakhiri musim kedua mereka di ajang ini dengan pencapaian luar biasa, yakni kemenangan perdana di Most dan naik podium di Le Mans dan 12 Hours of Estoril.

Menghuni posisi ketiga klasemen akhir FIM Endurance World Championship 2021, Webike SRC Kawasaki France Trickstar menjalani musim yang hebat walau mereka tidak memenangkan balapan. Menjadi juara dua 24 Heures Motos dan 12 Hours of Estoril, tim Kawasaki Prancis tersebut bertarung melawan Yoshimura SERT Motul hingga balapan final yang berbuah juara ketiga bagi mereka di Most. Di Bol d’Or, Webike SRC Kawasaki France Trickstar berambisi untuk meraih podium, namun kerusakan mesin harus membuat mereka mundur lebih awal.

VRD Igol Experiences mengakhiri musim perdana mereka di kelas EWC di posisi keempat. Tim independen Yamaha unggul jauh atas tim-tim independen lainnya. Mereka menjalani duel sengit dengan BMW Motorrad World Endurance Team demi memperebutkan posisi ke-3 di Estoril. Menjadi juara keempat 24 Heures Motos dan 12 Hours of Estoril, serta ketiga di Bol d’Or, VRD Igol Experiences harus menelan pil pahit di 6 Hours of Most karena kerusakan motor. Juara FIM Superstock World Cup 2016-2017 ini untuk pertama kalinya masuk ke lima besar FIM EWC, unggul atas tim-tim pabrikan lainnya.

F.C.C. TSR Honda France, yang mengakhiri musim di posisi ke-5 musim 2021, menjalani musim yang cukup sulit. Di Le Mans, mereka berusaha untuk mengamankan posisi kedua namun harus merosot ke posisi sembilan karena masalah pada komponen kelistrikan akibat terjatuh sebelumnya. Kemenangan mereka di 12 Hours of Estoril kembali membuat tim Honda Prancis ini kembali ke jalur juara dunia, namun harapan mereka harus musnah usai gagal finish di Bol d’Or. Nasib buruk di Most semakin memupus harapan mereka untuk meraih hasil maksimal di 2021.

Posisi keenam YART–Yamaha Official EWC Team di klasemen akhir FIM EWC 2021 tidak sepenuhnya mewakili performa mereka seutuhnya. Tim Yamaha Austria dengan nomor motor #7 ini merebut 3 dari 4 pole position musim ini. Hanya Yoshimura SERT Motul yang bisa mencuri posisi start pertama dari YART di Bol d’Or. Sayangnya, YART–Yamaha Official EWC Team hampir tidak pernah menjaga kesempatan mereka untuk memimpin balapan hingga akhir: mereka mundur dari 24 Heures Motos dan Bol d’Or, dan jatuh menjelang akhir 12 Hours of Estoril. Duel sengit dengan BMW Motorrad World Endurance Team demi memenangkan 6 Hours of Most adalah penampilan terbaik mereka. YART–Yamaha Official EWC Team finish kedua di Most, sepertujuh detik di belakang sang pemenang, dengan Marvin Fritz memecahkan rekor catatan waktu sebanyak empat kali dalam 30 menit terakhir balapan.

Bertengger di posisi ketujuh adalah Moto Ain yang menjalani musim perdananya di kelas EWC usai menjadi juara FIM Superstock World Cup dua tahun berturut. Tim privateer Yamaha Prancis ini mengawali musim dengan gagal finish di 24 Heures Motos, tetapi berakhir mengejar ketertinggalannya dengan finish di posisi ke-5 di Estoril dan kedua di Bol d’Or. Kecelakaan di Most mencegah mereka masuk ke posisi lima besar.

Finish di posisi ke-8 menjadi musim terbaik Kremer Racing setelah 2010 dengan posisi keenam. Kuncinya adalah mereka berhasil menyelesaikan tiap balapan. Tim dengan motor Yamaha ini meraih hasil terbaiknya musim ini dengan posisi ke-4 di Bol d’Or dalam kelas EWC.

ERC Endurance-Ducati sudah melakukan pembenahan terhadap motor Panigale V4R khusus untuk balapan ketahanan sejak musim lalu. Mereka mengawali musim dengan posisi ke-5 di 24 Heures Motos. Mereka juga menorehkan hasil bagus dengan posisi ke-6 di Estoril dan Most. Namun, seperti kebanyakan tim lainnya, mereka tidak dapat menyelesaikan Bol d’Or. Boleh dibilang motor mereka sudah cukup tangguh untuk balapan ketahanan musim ini.

Maco Racing Team menghuni posisi ke-10 klasemen final 2021 karena tidak bisa tampil maksimal akibat pandemi di Slovakia. Maco Racing Team harus melewatkan balapan di Portugal, namun mampu mencetak poin di tiga balapan.

Usai menjadi juara keempat musim lalu, Wójcik Racing Team mengalami musim 2021 yang sulit yang diwarnai oleh rentetan kecelakan dan masalah pada motor sehingga harus puas dengan posisi ke-11 di akhir musim. Tim Yamaha Polandia ini tampil solid di 6 Hours of Most yang berbuah posisi ke-5.

Walaupun mereka tampil menjanjikan di sesi latihan dan awal tiap balapan, Tati Team Beringer Racing tidak mampu menorehkan hasil yang memuaskan. Tim Kawasaki yang berbasis di Prancis ini harus mundur dari beberapa balapan, namun mereka juga mampu mencatatkan waktu terbaik di 24 Heures Motos dan Bol d’Or berkat rider Alan Techer.

Team LRP Poland dengan motor BMW berada di posisi ke-13 usai mampu menyelesaikan semua balapan kecuali 24 Heures Motos.

Bolliger Team Switzerland menduduki posisi ke-14 usai didiskualifikasi dari 24 Heures Motos karena kesalahan teknis. Tim Kawasaki yan legendaris ini menjalani musim barunya dengan manajer baru, yakni putra sang pendiri. Mereka finish ke-8 di Estoril.

Posisi ke-17 dan sisanya di EWC dihuni oleh EMRT (ke-6 Bol d’Or dalam kelas EWC), GT Endurance (ke-9 di 24 Heures Motos dalam kelas EWC), dan 3ART Best of Bike, yang harusnya tampil lebih baik usai musim 2019-2020 yang memuaskan. 3ART Best of Bike hanya mencetak 13 poin saja yang diraih setelah finish ke-10 di 12 Hours of Estoril.

FIM EWC musim 2021: Hasil dan klasemen

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top