Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

  • 24/05/2019
  •  505 views

Dalam rangka memperingati Machine of the Year (MOTY) yang ke-46 pada akhir tahun 2018 lalu, Young Machine dan Yoshimura melakukan kolaborasi motor custom Special Monkey 125. Yoshimura menampilkan Monkey 125 yang spesial ini di booth mereka di pameran Tokyo Motorcycle Show 2019 pada tanggal 22-24 Maret lalu. Di acara tersebut, satu orang yang beruntung berhak membawa pulang Monkey 125 tersebut!

Artikel kali ini akan membahas mengenai tahap keenam, yakni tahap pemasangan kembali bagian yang telah selesai diproses dan dicat.

Tahap reassembling bagian yang telah selesai dicat

Proyek Custom Monkey 125 telah melalui proses pengecatan tangki dan cover, pelapisan shock depan dengan aluminium anodisasi dan pengecatan Cerakote pada bagian motor yang berbahan logam. Tinggal menunggu pemasangan knalpot Yoshimura yang baru dikembangkan. Tahap keenam ini adalah tahap reassembling atau penyatuan kembali bagian-bagian yang dilepas sebelumnya.

Pada tahap kelima, swingarm dan segitiga motor dicat dengan Cerakote. Sebelum itu, tahap kedua dan ketiga merupakan tahap pengecatan tangki dan tutup aki. Lalu, tahap keempat merupakan proses anodisasi shock depan. Tahap pertama adalah pembongkaran bagian-bagian motor oleh bengkel Garage Attractive dan pada tahap keenam ini mereka muncul kembali untuk menyatukan bagian-bagian yang mereka bongkar tersebut.

GARAGE ATTRACTIVE (2-5 Haramachi, Shinjuku-ku, Tokyo TEL:03-6302-1719). Untuk memasang bagian-bagian yang sudah dicat, kami meminta bantuan bengkel yang sama yang melakukan pembongkaran pada tahap pertama.

Proses pembongkaran dan pemasangan kembali berjalan dengan mulus karena Garage Attractive memahami struktur motor Monkey. Bagian shock depan Monkey memiliki desain yang cukup simpel, namun sebenarnya lumayan rumit untuk dibongkar dan dipasang. Untunglah semuanya berjalan mulus selama tidak lupa untuk menuangkan oli shock depan.

Alih-alih menggunakan part bawaan Monkey, Monkey 125 custom ini menggunakan stang dan spion berwarna hitam dari GROM (MSX125). Stang dibuat lebih tinggi untuk menciptakan tampilan yang solid.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap proses pemasangan kembali bagian-bagian Monkey 125 projek kolaborasi Young Machine dan Yoshimura, lengkap dengan gambar!

Papan nama baru di atas pintu belakang bengkel Garage Attractive

Ada papan nama baru di pintu belakang Garage Attractive yang tidak ada saat terakhir kami mengunjungi bengkel ini. Papan namanya bergaya retro dan terlihat sangat keren.

Ada papan nama baru di pintu belakang Garage Attractive yang tidak ada saat terakhir kami mengunjungi bengkel ini. Papan namanya bergaya retro dan terlihat sangat keren.

Bagian-bagian yang dicat

Bagian-bagian yang sebelumnya dilepas untuk proses pengecatan akan dipasang kembali. Pada proses pemasangan, torque control memegang peranan penting.

Bagian-bagian yang sebelumnya dilepas untuk proses pengecatan akan dipasang kembali. Pada proses pemasangan, torque control memegang peranan penting.

Angkat frame motor

Berat frame motor adalah sekitar 10 kg, sehingga perlu bantuan crane untuk mengangkatnya. Jika diangkat pakai tenaga manusia, dilakukan oleh dua orang pun akan tetap terasa berat.

Berat frame motor adalah sekitar 10 kg, sehingga perlu bantuan crane untuk mengangkatnya. Jika diangkat pakai tenaga manusia, dilakukan oleh dua orang pun akan tetap terasa berat.

Mulai dari swingarm

Pertama-tama, pasang bagian-bagian kecil seperti chain guide dan adjuster pada swingarm. Kemudian, pasangkan ke bodi motor dan diikuti dengan velg serta shock belakang.

Pertama-tama, pasang bagian-bagian kecil seperti chain guide dan adjuster pada swingarm. Kemudian, pasangkan ke bodi motor dan diikuti dengan velg serta shock belakang.

Cara termudah memasang shock depan

Bungkus as shock depan dengan plastik saat memasangkan seal untuk menghindari goresan. Ini adalah tips dari profesional.

Bungkus as shock depan dengan plastik saat memasangkan seal untuk menghindari goresan. Ini adalah tips dari profesional.

Tuangkan oli shock depan

Masukkan ultra CO no 10 spesifikasi Honda OEM. Tingkat oli adalah 75mm, namun tidak semua oli masuk dengan mudah.

Masukkan ultra CO no 10 spesifikasi Honda OEM. Tingkat oli adalah 75mm, namun tidak semua oli masuk dengan mudah.

Air Removal

Pompa berkali-kali agar angin di dalam fork keluar. Pada motor Monkey, jika Anda fork dipanjangkan sampai panjang tertentu dan lubangnya terlihat, maka prosesnya pun akan lebih cepat selesai.

Pompa berkali-kali agar angin di dalam fork keluar. Pada motor Monkey, jika Anda fork dipanjangkan sampai panjang tertentu dan lubangnya terlihat, maka prosesnya pun akan lebih cepat selesai.

Penyelesaian berjalan dengan mulus

Pemasangan harus dipasang oleh ahli yang biasa menangani motor ukuran kecil. Lalu, tak luput pula pemasangan seal-nya. Dan, pemasangan shock depan upside down pun selesai.

Pemasangan harus dipasang oleh ahli yang biasa menangani motor ukuran kecil. Lalu, tak luput pula pemasangan seal-nya. Dan, pemasangan shock depan upside down pun selesai.

Hati-hati dalam memasang tangkinya

Untuk menghindari kerusakan pada tangki, konektor selang bahan bakarnya harus dipasang terlebih dahulu.

Untuk menghindari kerusakan pada tangki, konektor selang bahan bakarnya harus dipasang terlebih dahulu.

Stang dan spion adalah part asli GROM (MSX125)

Stang (No. 53100-K26-B00), spion (No. 88210-K26-C21) dan jalu stang (No. 53102-K26-900) diganti dengan produk asli berwarna hitam dari GROM. Stang dan spion GROM berukuran sedikit lebih pendek daripada stang dan spion Monkey

Stang (No. 53100-K26-B00), spion (No. 88210-K26-C21) dan jalu stang (No. 53102-K26-900) diganti dengan produk asli berwarna hitam dari GROM. Stang dan spion GROM berukuran sedikit lebih pendek daripada stang dan spion Monkey

Setelah memasang komponen shock depan, selanjutnya adalah pemasangan stang. Panjang kabelnya sangat sesuai.

Setelah memasang komponen shock depan, selanjutnya adalah pemasangan stang. Panjang kabelnya sangat sesuai.

Dan, selesai!

Pasang jok, tutup aki, dan lain-lain.

Pasang jok, tutup aki, dan lain-lain.

Terakhir adalah lampu depannya.

Terakhir adalah lampu depannya.

Selesai!

Selesai!

Monkey 125 custom ini ditampilkan di booth Yoshimura di pameran Tokyo Motorcycle Show

Monkey 125 custom ini ditampilkan di booth Yoshimura di pameran Tokyo Motorcycle Show tanggal 22-24 Maret 2019. Pengundian dilakukan pada hari Minggu, 24 Maret 2019 pukul 12:30 siang di booth Yoshimura dan pemenang yang beruntung berhak membawa pulang motor Monkey tersebut.

Artikel selanjutnya merupakan artikel yang menampilkan kumpulan foto hasil akhir Monkey 125 custom ini. Penasaran dengan tampilan akhirnya? Jadi, jangan lewatkan!

Foto: Shin Matsui
Artikel ini bersumber dari majalah Young Machine edisi Mei 2019.

Sumber [ Young Machine (Artikel Asli dalam Bahasa Jepang) ]

Related post

Hot news

  1. YART Yamaha Suzuka
  2. Mulhauser Akhirnya Maju Jadi Rider Inti di Suzuka EWC
  3. Techer Siap Hadapi Tantangan Balapan Kandang di Suzuka
  4. TRT27AZ Moto
Return Top