Setelah 16 Jam: Perebutan Gelar Juara EWC Makin Seru Setelah Ronde Malam Bol d’Or yang Sulit

  • 17/09/2023
  •  307 views

Bol dor Malam 2023 bol dor 2023 malam 600x340 - Setelah 16 Jam: Perebutan Gelar Juara EWC Makin Seru Setelah Ronde Malam Bol d’Or yang Sulit

Perebutan gelar juara dunia FIM Endurance World Championship 2023 berubah drastis dalam semalam setelah harapan F.C.C. TSR Honda France untuk meraih gelar juara berturut-turut digantungkan di ujung tanduk setelah tersingkir dari ajang Bol d’Or.

Setelah merebut gelar juara di Sirkuit Paul Ricard 12 bulan lalu, tim asal Jepang ini mengalami masalah sesaat sebelum jam 3 pagi ketika Mike Di Meglio terpaksa mendorong motor Honda #1 setelah motornya berhenti di pintu masuk pitlane. Terlepas dari upaya terbaiknya, tim terpaksa berhenti karena masalah teknis pada menit ke-36.

Berada di urutan keempat tetapi di lap yang sama dengan tiga rivalnya setelah delapan jam balapan, peluang BMW Motorrad World Endurance Team untuk meraih gelar juara EWC dirusak oleh masalah elektronik tak lama setelah pukul 12:30 yang membutuhkan waktu sekitar delapan menit untuk diperbaiki oleh mekanik tim asal Belgia itu. Saat itu, tim ini sedang memimpin jalannya pertarungan dan semakin kehilangan posisi saat terpaksa melakukan pemberhentian kedua yang tidak terjadwal pada pukul 06:34.

Sementara perburuan gelar juara telah berubah menjadi sangat menentukan dengan dua dari tiga pesaing utama keluar dari balapan, fokus – seperti yang terjadi sejak pukul 01:00 – tertuju pada pertarungan memperebutkan posisi pertama antara Yoshimura SERT Motul, yang memimpin setelah delapan jam, meskipun Gregg Black terjatuh pada 20:39 – dan Yamalube YART Yamaha EWC Official Team yang memanfaatkan drama yang terjadi di belakangnya.

Tim-tim yang bersaing saling bertukar posisi dengan frekuensi yang teratur sepanjang malam saat Bol d’Or ke-86 menghadirkan pertarungan epik untuk meraih kejayaan. Setelah 16 jam, Yoshimura SERT Motul yang berbasis di Prancis berada di depan dengan dua lap untuk mengantongi 10 poin lagi di intermediate kedua, saat tim YART Austria bergerak selangkah lebih dekat ke gelar juara EWC, secara nyata mengurangi kecepatannya untuk memastikan poin yang dibutuhkan untuk menyalip F.C.C. TSR Honda France di klasemen.

Dengan balapan yang telah memasuki jam ke-17, Yamalube YART Yamaha EWC Official Team hanya tertinggal empat poin dari F.C.C. TSR Honda France yang kini berharap YART untuk tidak finis agar dapat meraih gelar juara dunia FIM Endurance World Championship untuk kedua kalinya secara beruntun.

Meskipun pitstop lebih lama dari yang direncanakan pada pukul 06:45, tim peraih Bol d’Or 2022, Honda Viltais Racing berada di urutan ketiga setelah 16 jam, satu tempat di depan TATI Team Beringer Racing yang didukung oleh Kawasaki yang sempat memimpin pada saat pembukaan dengan memanfaatkan keputusannya untuk menggunakan ban intermediate dalam kondisi yang sangat kering.

BMW Motorrad World Endurance Team berada di urutan kelima dan Team Kawasaki Webike Trickstar berada di urutan keenam setelah kehilangan waktu akibat rantai yang putus pada 03:27. Tim ini kembali berhenti secara tidak terencana pada pukul 06:18 tetapi melanjutkan balapan setelah perbaikan.

Team LRP Polandia berada di posisi ketujuh dalam peringkat Formula EWC diikuti oleh Maco Racing Team, KM99 dan Team Bolliger Switzerland.

Tim asal Belgia, KM99, yang melakukan debutnya di Bol d’Or, berada di posisi lima besar saat Yamaha mereka berhenti di lintasan – dengan Lucas Mahias di atas motor – pada pukul 01:25 karena masalah teknis. Sekitar 30 menit berlalu sebelum Bastien Mackels kembali beraksi. Perbaikan kabel pengatur rem depan yang rusak sebelumnya membuat tim kehilangan waktu dua menit di pit.

Motor Wójcik Racing Team #77 keluar dari lintasan tak lama setelah delapan jam tertunda karena masalah elektronik di awal balapan.

Chas Davies berhenti dari persaingan memimpin saat balapan baru berjalan 40 menit dan digantikan oleh Xavi Forés. Namun, penggantinya segera mengalami masalah setelah tabrakan di tikungan terakhir membuat rider Spanyol itu terpincang-pincang ke sisi lintasan dan Ducati Pingale V4R yang dikendarainya mengalami kerusakan parah. Insiden ini membuat safety car harus turun tangan lebih awal.

National Motos Honda Super di Ajang FIM Endurance World Cup

Meskipun Valentin Suchet terjatuh setelah pukul 2 pagi, National Motos Honda tetap berada di jalur yang tepat untuk memenangkan FIM Endurance World Cup dengan tim asal Prancis ini memimpin Team 33 Louit April Moto dan Chromeburner-RAC41-Honda dengan perolehan poin selama 16 jam.

OG Motorsport World Endurance Team berada di posisi ketiga namun turun ke posisi keempat ketika Chris Leesch menyalip Roberto Rolfo pada menit ke-44.

Team 18 Sapeurs Pompiers CMS Motostore berada di urutan kelima dengan Pitlane Endurance – JP3 di urutan keenam di depan BMRT 3D Maxxess Nevers, 3ART Best of Bike dan Wójcik Racing Team.

Setelah memulai Bol d’Or dengan memperebutkan piala Dunlop Superstock Trophy, Honda No Limits dan Tecmas-MRP-BMW Racing Team harus tersingkir di awal balapan. Yang pertama tersingkir karena tabrakan, sementara Kenny Foray telah menempuh waktu lebih dari 30 menit ketika kerusakan mesin memaksa motor #9 untuk pensiun. ADSS 97, Falcon Racing dan Slider Endurance juga telah mengundurkan diri. Bol d’Or akan berakhir pada pukul 15:00 CET (20:00 WIB).

Siaran Langsung: https://www.its-live.net/#/live/ewc/2023/boldor/live

Cara Menonton: https://www.fimewc.com/where-to-watch

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top