Misteri di Balik Aksen Bergerigi pada Logo Ninja Kawasaki

  • 09/06/2020
  •  572 views

Logo Ninja logo ninja - Misteri di Balik Aksen Bergerigi pada Logo Ninja Kawasaki

Ninja memiliki logo yang khas dengan aksen bergerigi pada garis luarnya. Apa yang melatarbelakanginya dan bagaimana perubahan desainnya dari waktu ke waktu? Simak selengkapnya!

Alasan Mengapa Ada Aksen Bergerigi pada Logo Ninja

Nama “Ninja” kini identik dengan model motor sport Kawasaki dan disematkan pada nama motor sport full fairing keluaran pabrikan dengan warna hijaunya yang khas ini.

[Baca Juga]
Lihat Aksi Jonathan Rea Geber Ninja ZX-25R di Sirkuit Jerez
Logo Ninja Kawasaki logo ninja kawasaki - Misteri di Balik Aksen Bergerigi pada Logo Ninja Kawasaki

Logo Ninja Kawasaki punya aksen bergerigi pada garis luarnya

“Ninja” pertama kali digunakan sebagai nama sebutan untuk GPZ900R (1984). Bahkan, di Amerika Serikat nama resmi untuk motor ini adalah Ninja, bukan GPZ900R.

Logo Ninja pertama kali disahkan sebagai merek dagang di Amerika Serikat pada bulan Agustus 1983, tidak lama sebelum GPZ900R diluncurkan.

Nama Ninja sudah dipertimbangkan sejak awal pengembangan GPZ900R sebagai generasi penerus Zapper (Z1) sebagai model sport yang ringan.

Kawasaki GPZ900R kawasaki gpz900r - Misteri di Balik Aksen Bergerigi pada Logo Ninja Kawasaki

Kawasaki GPZ900R (1992 ZX900-A9) spek Jepang memiliki logo Ninja dari pertama kali peluncurannya

Nampaknya Ninja sedang booming kala itu di Amerika. Hal ini dilatarbelakangi oleh tokoh Ninja yang terkenal di film 007 yang dibintangi Sean Connery, You Only Live Twice (1967). Selain itu, ada juga film yang bertajuk “Moeyo Ninja” atau dalam Bahasa Inggrisnya “Enter the Ninja” tahun 1981 yang dibintangi Sho Kosugi. Banyaknya film Ninja di awal tahun 1980-an memunculkan demam Ninja di Amerika.

Jika diperhatikan, sebenarnya ada kesan jenaka pada logo Ninja versi awal. Apakah logo ini dinilai mampu merepresentasikan motor sport Kawasaki?

Logo Awal Ninja logo awal ninja - Misteri di Balik Aksen Bergerigi pada Logo Ninja Kawasaki

Logo Ninja yang pertama kali didaftarkan sebagai merek dagang. Nampak sangat berbeda dengan versi yang sekarang (gambar diambil dari database Trademark Electronic Search System atau TESS Amerika Serikat)

Ngomong-ngomong, logo Ninja memiliki aksen bergerigi yang khas pada garis luarnya. Katanya, ini berasal dari hasil transmisi dari mesin fax.

Penulis artikel ini (Yuki Kobayashi) pernah mewawancarai Akio Kinugasa, test rider untuk GPZ900R, mengenai asal usul logo Ninja yang bergaris bergerigi ini dan ia mengungkapkan bahwa ketika ia mengirimkan fax logo Ninja, hurufnya jadi tidak rapih karena mesin yang dipakai sudah sangat tua.

Lalu, jadilah hurufnya seperti itu. Tidak disangka-sangka hurufnya malah sangat terkenal bahkan hingga dijadikan desain font!

[Baca Juga]
Garangnya Suara Kawasaki ZX-25R dengan Knalpot Yoshimura!
Desain Logo Ninja dengan Aksen Tiga Dimensi desain logo ninja - Misteri di Balik Aksen Bergerigi pada Logo Ninja Kawasaki

Logo Ninja ini memiliki garis bayangan untuk memberikan kesan tiga dimensi (gambar diambil dari hasil pencarian TESS).

Logo Ninja tersebut hadir sebagai merek dagang di Amerika Serikat jauh setelah GPZ900R diluncurkan. Logo ini diajukan pada bulan Januari 1997 dan disahkan pada bulan Juni 1998. Ada aksen tiga dimensi pada logonya.

Saat logonya kembali didaftarkan pada bulan Februari 2015 (diajukan pada bulan September 2012), garis bayangannya dihilangkan dan logonya menjadi lebih simpel.

Logo Ninja Terbaru logo ninja terbaru - Misteri di Balik Aksen Bergerigi pada Logo Ninja Kawasaki

Logo Ninja terbaru (gambar diambil dari hasil pencarian TESS)

Logo Ninja ini tidak hanya digunakan untuk motor saja, namun juga untuk hal lainnya.
Contohnya, jet ski keluaran Kawasaki, perahu, sepeda, skuter, perhiasan, jam dinding, jam tangan, gantungan kunci, payung, tas, tongkat, apparel, perlengkapan olahraga, pohon natal, pancingan, ski, sarung tangan baseball, Sugoroku (board game tradisional Jepang), dadu, Hanafuda (permainan kartu), dan lainnya.

Jajaran motor Kawasaki yang memiliki gelar Ninja dan merepresentasikan imej Kawasaki hingga bulan Mei 2020 terhitung ada 16 model (termasuk beragam versinya), beberapa di antaranya:

Ninja H2R
Ninja H2 CARBON
Ninja H2 SX SE+
Ninja H2 SX SE
Ninja ZX-10R
Ninja ZX-10RR
Ninja ZX-10R SE
Ninja 1000SX
Ninja ZX-6R
Ninja 650
Ninja 400
Ninja 250

Bagi pengendara yang sempat merasakan motor legendaris Kawasaki Ninja GPZ900R generasi pertama, pasti ada kebanggaan tersendiri karena motor inilah yang melahirkan konsep motor sport Kawasaki yang kini sangat digandrungi.

[Webike Indonesia]
Cek sparepart Kawasaki GPZ900R di sini

Sumber [ Bike News ]

Related post

Return Top