Eks-Juara EWC, Xavier Siméon, Antusias Sambut Balapan Sebagai Reporter Pit

  • 18/04/2024
  •  34 views

Eks-Juara EWC, Xavier Siméon, Antusias Sambut Balapan Sebagai Reporter Pit eks juara ewc xavier sim on antusias sambut balapan sebagai reporter pit 600x340 - Eks-Juara EWC, Xavier Siméon, Antusias Sambut Balapan Sebagai Reporter Pit

Dalam peran barunya sebagai reporter pit EWC, Xavier Siméon akan mengikuti jejak Freddy Foray untuk memberikan informasi kepada para penggemar FIM Endurance World Championship tentang kerasnya balapan di siang dan malam hari.

Siméon, 34 tahun, merupakan mantan pembalap Yoshimura SERT Motul yang pernah menjuarai FIM Endurance World Championship 2021. Ia juga dua kali menjuarai 24 Heures Motos bersama tim pabrikan Suzuki.

Setelah memutuskan untuk berhenti dari karirnya sebagai pembalap profesional, Siméon menikmati kesempatan untuk tetap berada di dalam keluarga besar EWC namun dengan peran yang berbeda untuk Warner Bros. Discovery Sports Europe yang memasuki tahun ke-10 sebagai promotor EWC.

“Ini adalah kesempatan yang luar biasa sekaligus tantangan besar,” ujar Siméon. “Saya selalu memimpikan pekerjaan ini setelah pensiun dan ini merupakan tantangan yang bagus untuk memulai petualangan baru.”

Siméon akan tampil di semua siaran langsung EWC bersama rekannya yang juga seorang reporter pit, Caroline De Moraes, mulai dari balapan 24 Heures Motos akhir pekan ini di Le Mans, Prancis, pada tanggal 18-21 April.
eks juara ewc xavier sim on antusias sambut balapan sebagai reporter pit 1 - Eks-Juara EWC, Xavier Siméon, Antusias Sambut Balapan Sebagai Reporter Pit
“Saya harap saya bisa membawa sudut pandang yang berbeda dalam balapan ini,” ujar Siméon. “Pengalaman saya di balapan ketahanan memang belum terlalu lama, tetapi saya sempat meraih hasil yang bagus bersama Yoshimura SERT Motul, jadi saya harap ini akan menjadi hal penting bagi para penggemar yang menyaksikannya.

“Saya mengenal kejuaraan ini dengan baik, meskipun banyak wajah baru sejak saya pensiun, banyak pembalap dan tim yang masih sama. Saya sangat mengenal Le Mans, Spa, Suzuka dan Paul Ricard, dan semuanya adalah trek yang sangat saya sukai. Saya tidak sabar untuk memulai proyek ini. Ada sedikit tekanan karena ini benar-benar baru bagi saya. Tapi saya suka tekanan, itulah yang kami butuhkan untuk menjadi yang terbaik, jadi semoga saja saya juga bisa melakukan hal yang sama dalam peran ini.”

Untuk memberikan informasi terbaik kepada para penggemar tentang EWC, Siméon memahami bahwa ia harus mengajukan beberapa pertanyaan sulit kepada para pembalap dan tim yang pernah ia hadapi.

“Saya sangat senang melakukan hal ini karena meski tim atau pembalap mengalami momen buruk, saya tetap harus membiarkan para penggemar menikmati momen tersebut saat mereka menontonnya,” kata Siméon. “Balapan ketahanan memiliki mentalitas yang sangat berbeda dengan balapan sprint, dan saya rasa kita harus siap melihat para pembalap mengalami momen buruk.”
eks juara ewc xavier sim on antusias sambut balapan sebagai reporter pit 2 - Eks-Juara EWC, Xavier Siméon, Antusias Sambut Balapan Sebagai Reporter Pit
INFORMASI SEPUTAR 24 HEURES MOTOS OLEH XAVIER SIMÉON

Trek: “Treknya cukup sulit bagi para pembalap karena trek ini seperti trek stop and go, jadi Anda harus melakukan banyak pengereman keras dan secara fisik sangat menantang. Selain itu, hujan mungkin sering turun di Le Mans tahun ini sehingga kondisinya bisa berubah dengan cepat. Ini adalah tantangan besar bagi para pembalap karena suhu udara bisa sangat dingin. Suhu di malam hari sangat berbeda dengan siang hari, jadi feel berkendara-nya sangat berbeda. Ini adalah trek yang sangat menantang.”

Tempat terbaik untuk menonton: “Setiap tikungan! Saya katakan sejak awal, Dunlop Chicane, seperti yang kita lihat tahun lalu saat terjadi tabrakan antara Suzuki dan Honda. Selain itu, akan ada banyak aksi saling salip di Garage Vert dan ‘S’ du Garage Blue juga merupakan dua tikungan yang sangat menentukan.”

Pemenang: “Dari pre-test dan catatan waktu, saya melihat ada beberapa wajah baru yang terlihat kuat, seperti Honda Viltaïs Racing. Mereka mendominasi pre-test selama dua hari, jadi saya pikir tim ini bisa membawa hasil yang memuaskan. Mereka memiliki banyak pengalaman dalam hal ketahanan, tim yang bagus, dan atmosfer tim yang baik dari para pembalap.

“Tapi saya rasa yang menjadi favorit adalah tim-tim resmi dari Suzuki, Honda dan Yamaha. BMW juga, dengan kedatangan Sylvain Guintoli, yang saya kenal dengan baik. Ia adalah pembalap yang memiliki pengetahuan balapan dan sudut pandang yang baik tentang motor. Ia bisa membawa aura positif ke dalam tim. Apapun hasilnya, ada lima tim yang memiliki peluang bagus untuk memenangkan balapan ini, tetapi yang pasti ini adalah pertarungan besar, tim-tim ini telah bekerja sangat keras untuk bersiap dan saya sangat bersemangat untuk memulai.”

Klik DI SINI untuk menonton siaran langsung 24 Heures Motos akhir pekan ini.

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top