Setelah 8 Jam: YART Pimpin Le Mans EWC

  • 21/04/2024
  •  30 views

Setelah 8 Jam: YART Pimpin Le Mans EWC 00 24 Heures Motos start large 600x340 - Setelah 8 Jam: YART Pimpin Le Mans EWC

Juara bertahan FIM Endurance World Championship Yamalube YART Yamaha EWC Official Team memimpin jalannya 24 Heures Motos saat balapan menyentuh durasi delapan jam usai aksi start yang penuh aksi di balapan pembuka Le Mans 2024.

Walau rider Yoshimura SERT Motul Gregg Black sempat memimpin tepat seusai start pukul 3 sore waktu setempat, Niccolò Canepa kemudian menyalipnya di menit keempat dan terus memimpin sampai pitstop pertama 50 menit kemudian.

Jam pertama balapan cenderung aman bagi tim-tim papan atas, kecuali ada beberapa kejadian kecil seperti Josh Hook dari F.C.C. TSR Honda France yang tergelincir dan Randy Krummenacher (TATI Team Beringer Racing) yang sempat melebar ke gravel. Namun, jam kedua balapan diisi dengan beberapa kejadian buruk.

Mike Di Meglio dengan motor F.C.C. TSR Honda France nomor #5 jatuh dan mengalami kerusakan parah di tikungan Chemin Aux Boeufs 65 menit selang balapan dimulai. Lalu, rider Steven Odendaal (Honda Viltaïs Racing) harus masuk pit lebih awal untuk pengecekan, dan ternyata motor mereka mengalami gagal mesin yang sudah tidak bisa diselamatkan.

Gregg Black, pimpinan balapan kala itu, crash dekat exit tikungan ‘S’ du Garage Bleu tepat sebelum jam 6 sore karena masalah kontrol traksi dan ia harus kehilangan beberapa menit untuk perbaikan motor Suzuki #12.

Rider KM99 Randy de Puniet, yang saat itu berada di posisi ketiga, jatuh di tikungan Raccordement menjelang jam 7 malam, tetapi bisa mempertahankan posisi ke-3 walau harus masuk pit untuk perbaikan.

Yamalube YART Yamaha EWC Official Team large - Setelah 8 Jam: YART Pimpin Le Mans EWC

Untungnya tidak ada drama bagi sang peraih pole YART Yamaha, yang memimpin di jam ke-8 balapan dan diikuti oleh BMW Motorrad World Endurance Team dan Kawasaki Webike Trickstar. Karena berhasil memimpin di jam ke-8, tim yang berbasis di Austria ini mendapat 10 bonus poin yang menjadi tambahan 5 poin yang mereka dapat setelah Canepa, dengan catatan waktunya, mengunci pole position dalam kualifikasi Kamis kemarin.

“Tidak begitu buruk”,kata Hanika setelah girilan balap malam pertamanya. “Saya merasa sangat nyaman dengan motor dan ban, lebih baik daripada sesi sebelumnya. Sangat sulit untuk bisa konsisten dengan ritme balapan dengan segala hal yang terjadi di trek. Dalam kondisi seperti ini di malam hari, kami harus ekstra hati-hati dan jangan terlalu percaya diri saat menyalip rider yang posisinya jauh di belakang, lebih baik tunggu di tikungan yang tepat. Kadang waktu putarannya lebih cepat atau lama, tapi saya merasa nyaman dengan motornya dan kami bisa mengatasi selisih yang ada.”

Di belakang Kawasaki Webike Trickstar, yang memiliki lini rider juara FIM Endurance World Cup Christian Gamarino, Yoshimura SERT Motul ada di posisi keempat kelas Formula EWC dan diikuti oleh Tati Team Beringer Racing, KM99, Team Bolliger Switzerland, BMRT3D maxxess Nevers yang baru saja naik kelas, Motobox Kremer Racing dan Maco Racing. Tim yang berada di 10 besar dalam kelas Formula EWC dan Superstock mendapat poin tambahan di jam ke-8 balapan.

Yoshimura SERT Motul large - Setelah 8 Jam: YART Pimpin Le Mans EWC

F.C.C. TSR Honda France harus turun posisi dalam pertarungan EWC
F.C.C. TSR Honda France berada di posisi yang mapan untuk masuk ke persaingan peraihan kemenangan sebelum Mike Di Meglio crash di jam kedua balapan. Saat diwawancarai setelah giliran balapnya, rider asal Prancis ini berkata, “Saya berusaha untuk berhati-hati, tapi ban belakang tidak memiliki grip. Saya tidak langsung geber motor saat saya mulai balapan karena tangki penuh sehingga saya harus mengatur pengereman. Saya sudah coba berhati-hati saat menyalip, tapi ban depan kehilangan grip juga. Balapannya masih panjang, jadi walau sempat ada kejadian seperti ini kami tetap tenang.”

National Motos Honda pimpin kelas Superstock
National Motos Honda memimpin balapan di kelas Superstock yang didukung oleh Dunlop. Menyusul di belakang mereka ada Chromeburner-RAC41-Honda, Team Slider Endurance, Team Aviobike by M2 Revo, 3ART Best of Bike, tim baru Team Étoile, Honda No Limits, TRT27 AZ Moto, ADSS97 dan Junior Team Le Mans Sud Suzuki.

Team 33 Louit April Moto terpaksa harus menelan pil pahit dan mengakhiri balapan akibat kerusakan mesin pada pukul 19.30. Guillaume Antiga, salah satu dari empat rider tim Kawasaki ini, berkata: “Setelah rekan setim saa Flavio [Ferroni] crash, radiatornya rusak dan suhu motor terlalu panas jadi tidak memungkinkan untuk melanjutkan balapan.”

Tecmas-MRP-BMW Racing Team, peraih pole position kelas Superstock, harus turun posisi akibat kecelakaan pada pukul 22.35.

Rea jalani comback yang emosional setelah pulih dari cedera serius
Walau sempat terjatuh dua kali, Gino Rea mengatakan bahwa pengalamannya pertama kali membalap setelah mengalami cedera kepala serius saat latihan Suzuka 8 Hours 2022 sebagai pengalaman yang positif. Rider Wójcik Racing Team ini berkata: “Secara umum bagi saya balapan ini cukup positif karena saya merasa nyaman, kepala saya tidak kenapa-kenapa, lalu ridingnya juga bagus, dan ritme balapan saya juga cukup oke. Sayangnya saya crash di lap pertama. Saya mengalami problem dengan rem di lap pertama dan ini sungguh di luar dugaan. Saya coba untuk menyetelnya di tiap tikungan, tapi tidak maksimal. Jadi, saya mencoba untuk mengerem, tapi rem saya blong dan tentu saja saya jatuh. Tetapi, saya ingin berterima kasih kepada semua yang sudah mendukung saya sepanjang masa pemulihan. Jika bukan karena kalian semua, saya tidak mungkin berada di sini.”

01 24 Heures Motos action large - Setelah 8 Jam: YART Pimpin Le Mans EWC

Hasil balapan: https://www.its-results.com/ewc/2024/8344e948-e1a4-4ea1-ab50-3c6b319520fb

Live timing: https://www.its-live.net/#/live/ewc/2024/24hmans/live

Tonton di sini: https://www.fimewc.com/en/watch-the-races

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top