Preview Event: Titel Juara Dunia Siap Diperebutkan di Bol d’Or

  • 12/09/2023
  •  756 views

Bol dor 2023

Lima gelar akan diperebutkan saat laga penutup musim FIM Endurance World Championship yang epik ini berlangsung dalam balapan 24 jam Bol d’Or di Sirkuit Paul Ricard, Prancis selatan, pada 14-17 September.

Enam tim akan bertarung memperebutkan gelar FIM Endurance World Championship untuk kategori tim setelah tiga seri yang penuh aksi di Prancis, Belgia dan Jepang. Hal yang sama juga terjadi di FIM Endurance World Cup dengan 10 tim yang masih bersaing untuk merebut Dunlop Superstock Trophy. Dengan maksimal 85 poin yang masih harus diperebutkan di setiap kategori, peluang untuk meraih gelar juara masih terbuka lebar dan akan ditentukan pada hari Minggu sore nanti.

F.C.C. TSR Honda France memuncaki klasemen sementara kategori Formula EWC setelah tiga ronde dan berusaha meraih gelar juara berturut-turut. Mike Di Meglio dari Prancis yang menjadi rekan setim Alan Techer dan Josh Hook dari Australia di atas Honda #1 mengatakan: “Perasaannya bagus dan kami yakin bisa mempertahankan posisi #1 untuk musim depan. Saya sudah berusia 35 tahun, jadi saya sudah mulai mendekati akhir karier saya. Saya ingin mengakhiri karier saya dengan baik dan mempersembahkan banyak gelar untuk Honda dan tim saya. Saya tidak akan memberikan tekanan lebih pada diri saya sendiri, tapi saya tahu kami bisa melakukannya.”

Setelah merebut gelar EWC musim lalu tanpa memenangkan satu pun balapan, F.C.C. TSR Honda France memulai pertahanan gelar mereka dengan meraih kemenangan di 24 Heures Motos di Le Mans bulan April kemarin. Namun, dengan keunggulan 13 poin dalam perburuan gelar juara, Di Meglio mengakui bahwa tim memfokuskan diri untuk meraih podium pertama di Bol d’Or.

“Memenangkan balapan bukanlah hal yang terpenting, kita lihat tahun lalu kami tidak memenangkan balapan namun kami tetap menjadi juara dunia,” ujarnya. “Terkadang lebih baik mengorbankan balapan yang hebat jika pada akhirnya kami bisa menjadi juara dunia. Inilah yang paling penting.”

Setelah meraih kemenangan pertama dalam balapan 24 jam di EWC sejak 2009 saat finis pertama di Circuit de Spa-Francorchamps pada bulan Juni, Yamalube YART Yamaha EWC Official Team mengawali Bol d’Or tahun ini dengan posisi yang kuat di klasemen sementara, 13 poin di belakang F.C.C. TSR Honda France.

“Kami berharap bisa lebih dekat atau lebih unggul, tapi 13 poin bukanlah apa-apa di EWC, terutama di Bol d’Or di mana kami mendapatkan lebih banyak poin,” ujar Marvin Fritz dari Jerman yang menjadi rekan Niccolò Canepa dari Italia dan Karel Hanika dari Ceko di tim yang berbasis di Austria ini. “Tahun lalu SERT unggul 24 poin dari kami dan setelah satu setengah jam balapan kami bisa menjadi juara dunia. Dalam satu setengah jam banyak hal yang bisa berubah, sayangnya kami kurang beruntung tahun lalu, banyak tim yang diterpa angin kencang di Mistral Straight. Tapi, kami bisa meraih lima poin di babak kualifikasi dan Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di balapan. Kami tidak akan menyerah untuk berjuang, kami memiliki tim yang kuat dan kami sangat percaya diri.”

Dengan selisih 38 poin yang harus diatasi, kemenangan pertama di EWC 2023 untuk BMW Motorrad World Endurance Team akan memberikan dorongan besar bagi tim asal Belgia ini dalam mengejar gelar juara. Setelah rider Ukraina Illya Mykhalchyk berhasil meraih pole position di Bol d’Or tahun lalu, Markus Reiterberger, yang melengkapi jajaran rider BMW bersama rider Prancis Jérémy Guarnoni, memiliki target yang tinggi.

“Memenangkan gelar juara akan menjadi tujuan utama yang sedang kami upayakan dan juga tujuan pribadi saya,” kata rider Jerman yang sudah dua kali menjuarai EWC ini. “Saya telah memenangkan banyak kejuaraan, tapi saya merindukan kejuaraan dunia. Ini akan menjadi tujuan utama saya, saya harap kami bisa melakukannya dan saya tahu kami bisa melakukannya.”

Bol d’Or akan disiarkan secara langsung di TV dan online di seluruh dunia melalui banyak channel. Informasi lebih lanjut di https://www.fimewc.com/where-to-watch.

Lintasan Lurus Menguji Para Rider EWC dan Motor Mereka

Setelah merayakan hari jadinya yang ke-100 pada tahun 2022, Bol d’Or tahun ini merupakan yang ke-30 kalinya diselenggarakan di Sirkuit Paul Ricard. Sirkuit ini merupakan lintasan terpanjang ketiga dalam kalender balap 2023 dengan panjang 5,673 kilometer dengan 1,8 kilometer di antaranya merupakan lintasan Mistral Straight. Mistral Straight memberikan tekanan besar bagi para rider karena banyak peristiwa salip-menyalip di sini. Motor dipacu selama kurang lebih 20 detik dengan kecepatan lebih dari 300 km/jam.

Skema Poin Bol d’Or

Dengan balapan 24 jam Bol d’Or yang sekali lagi akan menentukan hasil FIM Endurance World Championship 2023 untuk Tim dan Pabrikan, Piala Dunia Ketahanan FIM 2023 untuk Tim dan Pabrikan, serta Trofi Independen EWC, berikut ini adalah penjelasan mengenai cara perolehan poin di Sirkuit Paul Ricard.

Poin balapan Bol d’Or akan dikalikan 1.5 dari poin biasanya untuk kelas Formula EWC dan Superstock dengan rincian sebagai berikut:

Posisi 1 = 60 poin; 2 = 49.5; 3 = 42; 4 = 36; 5 31.5; 6 = 28.5; 7 = 25.5; 8 = 22.5; 9 = 19.5; 10 = 16.5; 11 = 15; 12 = 13.5; 13 = 12; 14 = 10.5; 15 = 9; 16 = 7.5; 17 = 6; 18 = 4.5; 19 = 3; 20 = 1.5.

Poin juga akan diberikan pada tim-tim Formula EWC dan Superstock pada jam ke-8 dan 16 balapan: 1 = 10 poin; 2 = 9; 3 = 8; 4 = 7; 5 = 6; 6 = 5; 7 = 4; 8 = 3; 9 = 2; 10 = 1.

Sebelum balapan dimulai, lima tim tercepat di kategori Formula EWC dan Superstock setelah Kualifikasi Kedua pada 15 September akan mendapat bonus poin sebagai berikut: 1 = 5 poin; 2 = 4 poin; 3 = 3 poin; 4 = 2 poin; 5 = 1 poin.

Dengan skema ini, maka tim Formula EWC atau Superstock bisa mendapatkan poin maksimum 85 poin, jika mereka meraih pole position, memimpin balapan pada jam ke-8 dan 16, dan memenangkan balapan di kelasnya masing-masing.

Final EWC Superstock yang Sangat Menarik di Depan Mata

Selain perebutan gelar juara FIM Endurance World Championship, persaingan juga muncul di jajaran tim FIM Endurance World Cup Superstock yang dilengkapi dengan ban Dunlop yang juga akan turun di putaran final Bol d’Or di Sirkuit Paul Ricard minggu depan.

Menjelang putaran ketiga dan terakhir pada tanggal 14-17 September, juara Bol d’Or Superstock musim lalu, Chromeburner-RAC41-Honda, memuncaki klasemen sementara dengan enam poin di depan Honda No Limits dengan National Motos Honda yang hanya terpaut dua poin di belakangnya setelah kemenangannya dalam kategori ini di 24H SPA EWC Motos pada bulan Juni.

Tecmas-MRP-BMW Racing Team, juara Superstock di 24 Heures Motos di Le Mans pada bulan April, berada di urutan keempat dalam klasemen sementara dengan selisih 16 poin dari Chromeburner-RAC41-Honda yang harus diatasi setelah gagal finis di Spa. Team 33 Louit April Moto dan 3ART Best of Bike masing-masing berada di posisi kelima dan keenam.

Dengan 85 poin yang tersedia di seri penentu musim Bol d’Or, lebih dari 10 tim masih bersaing ketat untuk memperebutkan gelar juara FIM Endurance World Cup untuk tim dan Dunlop Superstock Trophy. Mereka juga termasuk Wójcik Racing Team, TRT27 Bazar 2 La Bécane, Team Slider Endurance, Junior Team LMS Suzuki dan BMRT 3D Maxxess Nevers, sang juara Bol d’Or Superstock pada tahun 2021.

Beberapa tim Dunlop Superstock Trophy lainnya yang akan beraksi di Bol d’Or adalah ADSS97, Aviobike, Holland Motorstore Racing, JMA Racing Action Bike, OG Motorsport World Endurance Team, Pitlane Endurance – JP3, peraih gelar juara tahun 2022, Team 18 Sapeurs Pompiers CMS Motostore, Team 202, Team Uniserv Moto82 dan Falcon Racing, yang akan kembali ke ajang EWC setelah sebelumnya tidak bisa berkompetisi di ajang EWC Motos 24H SPA.

Susunan Acara Sementara

Berikut adalah susunan acara balapan FIM EWC:

Kamis 14 September:
14:30-16:30: Latihan Bebas
17:30-17:50: Kualifikasi Pertama (Rider Biru)
18:00-18:20: Kualifikasi Pertama (Rider Kuning)
18:30-18:50: Kualifikasi Pertama (Rider Merah)
19:00-19:20: Kualifikasi Pertama (Rider Hijau)
20:30-21:30: Latihan Malam Bebas

Jumat 15 September:
09:00-09:20: Kualifikasi Kedua (Rider Biru)
09:30-09:50: Kualifikasi Kedua (Rider Kuning)
10:00-10:20: Kualifikasi Kedua (Rider Merah)
10:30-10:50: Kualifikasi Kedua (Rider Hijau)

Sabtu 16 September:
08:30-09:15: Pemanasan
15.00: Bol d’Or ke-86 dimulai

Minggu 17 September:
15:00: Finis Bol d’Or ke-86
*Seluruh waktu dalam Waktu Eropa Tengah

Seputar Bol d’Or:

Tony Zind memenangkan Bol d’Or pertama di lintasan tanpa aspal sepanjang lima kilometer di dekat kota Paris pada 1922. Untuk perayaan ke-100 tahun pada 2022, Florian Alt, Erwan Nigon dan Steven Odendaal merengkuh kemenangan di Sirkuit Paul Ricard sepanjang 5,673 kilometer. Sejak edisi pertama, Bol d’Or sudah diselenggarakan di tujuh sirkuit berbeda. Paul Ricard pertama menyelenggarakan Bol d’Or pada 1979. Edisi 2023 ini akan jadi yang ke-30 bagi mereka. Mistral Straight, trek lurus sepanjang lebih dari satu kilometer, menjadi salah satu titik duel favorit.

Fakta Kunci:

*Bol d’Or pertama kali diselenggarakan di lintasan non aspal di sebuah sirkuit sepanjang lima kilometer di antara komune Vaujours, Clichy-sous-Bois dan Livry-Gargan yang berada di dekat kota Paris pada 1922.
*Saat itu, ajang ini lebih merupakan ajang adu ketahanan daripada perlombaan dengan hanya satu rider per motor yang diperbolehkan dan tidak ada pemberhentian kecuali untuk mengisi bahan bakar.
*Baru pada 1954 penyelenggara mengizinkan adanya rider kedua. Rider ketiga baru diperbolehkan pada 1979.
*Walau Bol d’Or merayakan hari jadinya yang ke-100 tahun pada 2022, balapan sebenarnya baru dihelat 85 kali dan 29 kali di antaranya di Sirkuit Paul Ricard.
*Perang Dunia II, menurunkan antusiasme publik dan pandemi COVID-19 membuat balapan Bol d’Or tidak dihelat pada 1940-46, 1961-68 dan 2020.

Informasi Penting

Di mana: Sirkuit Paul Ricard, Prancis
Alamat: RDN8 – 2760 Route des Hauts du Camp 83330 Le Castellet, Prancis
Kapan: 14-17 September 2023
Panjang trek: 5,673 kilometer
Durasi: 24 jam
Rekor Catatan Waktu Kualifikasi: BMW Motorrad World Endurance Team – Illya Mykhalchyk, 1 menit 51,641 detik, 2022
Rekor Catatan Waktu Balapan: ERC Endurance-Ducati – Xavi Forés, 1 menit 52,979 detik, 2022

Juara 5 Tahun Terakhir:
2022: Viltaïs Racing Igol (Florian Alt, Erwan Nigon, Steven Odendaal) 718 lap
2021: Yoshimura SERT Motul (Gregg Black, Xavier Siméon, Sylvain Guintoli) 704 lap
2019: Suzuki Endurance Racing Team (Vincent Philippe, Étienne Masson, Gregg Black) 313 lap
2018: F.C.C. TSR Honda France (Freddy Foray, Josh Hook, Mike Di Meglio) 698 lap
2017: GMT94 Yamaha (David Checa, Niccolò Canepa, Mike Di Meglio) 683 lap

Pandangan Ahli dari Florian Marino, KM99:
“Balapan ini lebih menguji motor karena ada trek lurus yang harus dilalui dengan memutar gas penuh, yang tentu saja tidak bagus untuk mesin motor selama 24 jam. Bagian lainnya tidak begitu sulit, belokannya cukup mengalir, tapi rider tetap perlu memahaminya agar tahu harus mengerem di mana, dan juga memahami mistral, yang berarti ‘angin’ dalam Bahasa Prancis. Kalau cuacanya kering kita bisa memahami dan memanfaatkan angin, tapi ini harus dilakukan sehati-hati mungkin. Saya melakukan latihan leher lebih banyak di gym karena tekanan di area itu karena trek lurus dan hempasan angin di sana. Tapi, trek ini sebenarnya sangat mengasyikkan dan memiliki banyak titik untuk menyalip.”

Klasemen Sementara EWC (Seluruh daftar klasemen bisa dilihat di https://www.fimewc.com/standings)

Klasemen Sementara FIM Endurance World Championship 2023 Kategori Tim
(Setelah 3 ronde dari total 4 ronde)

1: F.C.C. TSR Honda France, 138 poin
2: Yamalube YART Yamaha EWC Official Team, 125
3: BMW Motorrad World Endurance Team, 100
4: Yoshimura SERT Motul, 77
5: Team Kawasaki Webike Trickstar , 65
6: Honda Viltaïs Racing, 64
7: TATI Team Beringer Racing, 46
8: ERC Endurance Ducati, 38
9: Team HRC with Japan Post, 35
10: Motobox Kremer Racing, 30

Klasemen Sementara FIM Endurance World Championship 2023 Kategori Pabrikan
(Setelah 3 ronde dari total 4 ronde)

1: Honda, 168 poin
2: Yamaha, 110
3: BMW, 86
4: Kawasaki, 77
5: Suzuki, 73

Klasemen Sementara FIM Endurance World Cup 2023 Kategori Tim
(Setelah 2 ronde dari total 3 ronde)

1: Chromeburner-RAC41-Honda, 85 poin
2: Honda No Limits, 79
3: National Motos Honda, 77
4: Tecmas-MRP-BMW Racing Team, 69
5: Team 33 Louit April Moto, 65
6: 3ART Best of Bike, 53
7: Wójcik Racing Team, 50
8: TRT27 Bazar 2 la Bécane, 49
9: Slider Endurance, 48
10: Junior Team LMS Suzuki , 25

Klasemen Sementara FIM Endurance World Cup 2023 Kategori Pabrikan
(Setelah 2 ronde dari total 3 ronde)

1: Honda, 120 poin
2: Yamaha, 86
3: Kawasaki, 75
4: Suzuki, 70
5: BMW, 44

Klasemen Sementara EWC Independent Trophy 2023
(Setelah 3 ronde dari total 4 ronde)

1: Honda Viltaïs Racing, 91 poin
2: KM99, 61
3: Motobox Kremer Racing, 52
4: TATI Team Beringer Racing, 42
5: Honda No Limits, 41

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Hot news

  1. Suzuka: Tempat Segalanya Dimulai untuk KM99
  2. YART Yamaha Suzuka
  3. Mulhauser Akhirnya Maju Jadi Rider Inti di Suzuka EWC
  4. Techer Siap Hadapi Tantangan Balapan Kandang di Suzuka
Return Top